1987 | Poster “Indonesian Product Campaign”

Buatan-Indonesia-1


Judul
Indonesian Product Campaign

Tahun
1987

Desain
Hanny Kardinata


Seluruh elemen desain (dasi kupu-kupu, tas belanja dengan label “Buatan Indonesia”, warna merah-putih dan hitam) dimaksudkan menggambarkan citra wanita kelas atas yang berdasarkan analisa psikologis ketika itu (tahun 1980-an):
a. Merupakan golongan yang gemar mengkonsumsi barang-barang bermerk produksi luar negeri.
b. Mode bergerak dari atas ke bawah. Kalau anjuran ditujukan ke kalangan atas, yang di bawah (kelas menengah) akan mengikutinya. Anjuran menggunakan produk dalam negeri jelas bukan ditujukan ke kalangan bawah.

Poster ini memenangkan hadiah pertama lomba poster yang diselenggarakan oleh Kementerian UP3DN (Urusan Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri), ITB (Institut Teknologi Bandung) dan P3I (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia).

Quoted

“Keberhasilan merancang logo banyak dikaitkan sebagai misteri, intuisi, bakat alami, “hoki” bahkan wangsit hingga fengshui. Tetapi saya pribadi percaya campur tangan Tuhan dalam pekerjaan tangan kita sebagai desainer adalah misteri yang layak menjadi renungan.”

Henricus Kusbiantoro