Judul
Indonesian Product Campaign
Tahun
1987
Desain
Hanny Kardinata
Seluruh elemen desain (dasi kupu-kupu, tas belanja dengan label “Buatan Indonesia”, warna merah-putih dan hitam) dimaksudkan menggambarkan citra wanita kelas atas yang berdasarkan analisa psikologis ketika itu (tahun 1980-an):
a. Merupakan golongan yang gemar mengkonsumsi barang-barang bermerk produksi luar negeri.
b. Mode bergerak dari atas ke bawah. Kalau anjuran ditujukan ke kalangan atas, yang di bawah (kelas menengah) akan mengikutinya. Anjuran menggunakan produk dalam negeri jelas bukan ditujukan ke kalangan bawah.
Poster ini memenangkan hadiah pertama lomba poster yang diselenggarakan oleh Kementerian UP3DN (Urusan Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri), ITB (Institut Teknologi Bandung) dan P3I (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia).
“Imajinasi yang liar lebih kuat dari lirik yang sok mau jelas.”