2012 | Poster “A Post(er) – Call For Entries: The 10th International Poster Triennial in Toyama”

2012 A-Poster-Sandy-Karman


Judul
A Post(er)
Call For Entries: The 10th International Poster Triennial in Toyama 2012

Tahun
2012

Desain
Sandy Karman

Fotografi
Sandy Karman


Finalis yang terpilih dalam triennial/biennial akan dikirimkan paket melalui pos berupa buku (berisi semua karya finalis dalam pameran), sertifikat, surat pernyataan terpilih, surat undangan, poster dan informasi (peta, brosur, dll) yang diperlukan. Sandy Karman menggunakan kiriman pos dari Poster Triennial sebelumnya yang pernah diterimanya sebagai elemen untuk Call For Entries: The 10th International Poster Triennial in Toyama 2012.

Paket yang terbuka berisi surat pernyataan ini menjadi simbol ajakan kepada seluruh desainer untuk memasukakn karya dan namanya ke dalam buku. Bingkai kosong tampak belakang menjadi simbol yang seolah-olah bertanya apakah karya anda yang akan terpasang di bingkai itu dan tergantung di dinding museum.

Poster dikirimkan oleh desainer melalui pos untuk submission dan sebaliknya paket dikirimkan kepada desainer oleh pihak museum melalui pos. Untuk mengaitkan post dan poster menjadi satu kesatuan, Sandy mengutip kata-kata desainer legendaris Shigeo Fukuda (almarhum) yang ditujukan kepada Koichi Sato sebagaimana tercantum dalam buku International Poster Triennial in Toyama 2009 terdahulu mengenai apa definisi poster itu sendiri:

‘Poster: a comparative form of post (indicating a method of communication; mail; a system that delivers letters) with a meaning: 1) the postal system, 2) a post office, 3) a mail box or postal station and 4) a ‘post town’ or ‘post station’ (historically, a place where travelers could stop to rest of change horses, and a transfer point for couriers carrying postal matter. “Our posters are letters. Regards, Shigeo Fukuda.”—Koichi Sato’

Paket pos (post) menjadi elemen, dan keseluruhan gambar paket di bingkai dalam komposisi dua dimensi, menjadi poster. Cap lunas pajak Jepang menjadi simbol segala proses birokrasi pengiriman. Oleh sebab itu, seluruh gambar ini diwakili dengan kata: A Post(er).

Karya Sandy ini terpilih pada 10th International Poster Triennial in Toyama, Jepang. Pameran karya-karya yang terpilih akan berlangsung di The Museum of Modern Art, Toyama, Jepang sepanjang musim panas tanggal 9 Juni-3 September 2012. Tahun 2009 lalu adalah tahun pertama di mana Sandy mengikuti triennial ini dan kemudian karyanya terpilih pada 9th International Poster Triennial 2009 untuk poster Festival of Sight & Sound.

International Poster Triennial ini didominasi oleh desainer-desainer Jepang. Sedikit lebih banyak dibandingkan International Poster Biennial di Eropa, walaupun nama-nama desainer Eropa yang tidak asing masih banyak ditemui seperti Michel Bouvet, Philipe Appeloig, Stephan Bundi, Gunther Rambow, Vladimir Chaika, Holger Matthies, dan lainnya. Pengumpulan karya dilakukan pada Januari, screening pertama dilakukan pertengahan Februari, dan sampai akhirnya terpilih 398 poster dari 4622 poster dari 53 negara. Sandy Karman menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia.

Quoted

Ketika dari mata tak turun ke hati, desain pun gagal total

Bambang Widodo