2013 | Poster dan Kalender “The PaperFace: People and Quotes”

Lennon Poster

Gandhi Poster

Gandhi Poster

Gandhi Poster

Sun Tzu Poster

Sun Tzu Poster

Gandhi Poster

Sun Tzu Poster

Lennon Poster

Sun Tzu Poster

Sun Tzu Poster

Sun Tzu Poster

Lennon Poster

Sun Tzu Poster


Judul
The PaperFace: People and Quotes

Kreator
Sandy Karman


The PaperFace adalah karya seni yang dibuat dari kertas sampul coklat (sampul kopi yang biasa digunakan untuk membungkus buku tulis anak SD) yang diangkat melalui fotografi dan teknik pencahayaan. Profil dan tekstur dieksekusi melalui teknik merobek, melipat, dan mencubit kertas secara manual dengan tangan dan melalui teknik grafis cukil kayu (tapi dalam hal ini di atas kertas).

Karya yang telah selesai dibuat, difoto dengan mengatur sudut pencahayaan untuk mengangkat tekstur dan siluet wajah dengan alas karton hitam. Bolongan atau robekan pada kertas membentuk outline yang menjadi garis besar ilustrasi, sedangkan cubitan-cubitan pada kertas, membentuk kerutan-kerutan wajah yang kontras dengan sudut cahaya dan kertas menjadi sebuah potret yang hidup.

Selanjutnya, proses pelipatan dan pelecekan kertas dibuat secara spontan untuk memperkaya tekstur, sekaligus memberikan nuansa ekspresivitas yang “asal” dan tidak terlalu rapi. Setiap karya mengulik ketepatan dan ketekunan detil dalam impresi pencitraan yang spontan dan ekspresif. Karya dan teknik ini mewakili kesatuan harmonis antara fundamental dan inovasi, kesederhanaan dan kompleksitas.

Quoted

Designers need to think about others for the sake of improving the human existence. What we have received is a gracious blessing. Without it, we are nothing. Which is why we need to give it back.

Yongky Safanayong