ITB | Institut Teknologi Bandung

Fakultas, Program Studi, Peminatan
Fakultas Seni Rupa dan Desain
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Peminatan :
1) Komunikasi Grafis
2) Komunikasi Multimedia
3) Komunikasi Visual Periklanan

Tahun Berdiri
1 Agustus 1947, diresmikan 1984

Seni berkomunikasi (Arts of Commmunication) dengan menggunakan bahasa rupa (Visual Text) untuk menyampaikan suatu pesan dan disampaikan melalui media (desain) yang bertujuan menginformasikan, mempersuasi, mempengaruhi, hingga merubah perilaku sasaran sesuai dengan yang diinginkan. Bahasa Rupa tsb, dominan berwujud image grafis, tanda / simbol atau unsur grafis lainya; yang tersusun berdasarkan kaidah / prinsip berbahasa yang khas / tersendiri. Isi pesan diungkapkan secara kreatif dan komunikatif serta mengandung solusi (alternatif) untuk permasalahan yang hendak disampaikan (sosial maupun komersial). Terjadinya pergeseran pengertian dan pemaknaan Desain Grafis menjadi Desain Komunikasi Visual, karena berkembangnya keilmuan itu sendiri : “Graphic Design on Surface” (Printed/Production Matter) mengandung unsur-unsur dan karakter 2 Dimensi (utamanya) dan 3 Dimensi sebagai hasil produksi grafika (cetak) (Multimedia Production/New Media); mengandung unsur-unsur dan karakter 2 Dimensi, 3 Dimensi, Still & Motion Graphic serta mengandung unsur waktu (Timed Base Media) dan suara (Audio, Narrative & Back Sound ).“

Sehingga, untuk memenuhi tuntutan perkembangan tersebut, Program Studi Desain Komunikasi Visual FSRD ITB menawarkan tiga jalur pilihan minat, yang dapat dipilih sendiri oleh mahasiswa, saat memasuki semester ke 6:
1) Komunikasi Grafis (DG)
2) Komunikasi Multi Media (MM)
3) Komunikasi Visual Periklanan / Advertising (KVP) “Graphic Design on Screen

Quoted

“Keberhasilan merancang logo banyak dikaitkan sebagai misteri, intuisi, bakat alami, “hoki” bahkan wangsit hingga fengshui. Tetapi saya pribadi percaya campur tangan Tuhan dalam pekerjaan tangan kita sebagai desainer adalah misteri yang layak menjadi renungan.”

Henricus Kusbiantoro