Sakti Makki

Sebagai co-founder, managing director, principal consultant, dan creative director, Sakti Makki bertanggung jawab atas seluruh standar pembuatan strategic brand development, brand expression, dan brand activation yang dihasilkan oleh MakkiMakki Strategic Branding Consultant.

Hingga kini, MakkiMakki telah menangani beragam brand baik nasional, regional, hingga multinasional seperti Unilever Indonesia, Coca-Cola, Nestle, Frisian Flag, Sara Lee, Danone, DaimlerChrysler, British American Tobacco, dan masih banyak lagi.

Menjadi pionir di bidang “Brand & Branding” di Indonesia dan dikenal dengan metodologi The Brand Quotient yang dirumuskan olehnya, Sakti sering berkesempatan menjadi pembicara untuk berbagai forum terkait dunia brand dan bisnis.

Pada 2007, ia juga berkontribusi dalam UNESCO, forum Power of Peace dengan topik ‘Brand dan Bagaimana Menyelaraskan dan Memanfaatkan Perdamaian di Masa Mendatang’ yang diselenggarakan di Jimbaran, Bali.

Sakti Makki mengemban pendidikannya di Art Center College of Design, Pasadena California, USA dengan titel Bachelor of Science in Industrial Design dan berpredikat Cum Laude.

 


PENGHARGAAN

2013
REBRAND Global Award

2004
Semi Finalis | Ernst and Young – The Young Entrepreneur Award

PENGALAMAN LAIN

Pembicara

2014
– Trakindo | Brand+Branding | Mutual Understanding, Jakarta
– Pharos | Brand+Branding | Mutual Understanding, Jakarta

2013
– PINASHTIKA Award 2013 Creative Seminar, Yogyakarta
– Infomedia – Branding 101, Jakarta
– Astra International – Forkom & FIF Group, “Ngobrol Santai & Halal Bihalal“, Jakarta
– Pertamina – Brand+Branding – Mutual Understanding, Bogor
– Universitas PETRA Surabaya DKV2, “The Process To Create A Good GSM“, Surabaya

2012
– Indonesian Food Market, Bangkok, Thailand
– Malaysia Agriculture, Horticulture & Agrotourism (MAHA) International Show, Selangor, Malaysia
– Malaysia External Trade Development Corporation (MATRADE) – Kuala Lumpur, Malaysia
– VAGABOND “Indentitas Budaya Indonesia dalam Industri Kreatif” Universitas Indonesia, Depok
– NIRMANA Award BINA NUSANTARA, Jakarta
– KALBE PHARMA – Ethical Pharmaceutical Brand (seminar + workshop), Jakarta
– KALBE PHARMA – Ethical Pharmaceutical Brand (workshop), Jakarta
– Asahi Advertising Japan – World Wide Partnership, Tokyo – Japan

2011
– ADGI for SATU INDONESIA “Kolaborasi Profesi Mengangkat Citra Negeri”, Jakarta
– PINASTHIKA Creative Festival, Yogyakarta

2009
ADGI 2009 Expo, Jakarta

2008
MARLBORO Design For Style, Jakarta

2007
UNIVERSITAS JAYABAYA coaching clinic: “Creative And Innovation: Strike Your Brain On Fire”, Jakarta

2006
– ADGI 2006 Light Up The Spirit – Building Powerful Brand Expression through Strategic Branding Program, Jakarta
– ADGI Seminar “Design That Works“, Jakarta

2005
Digital Studio Workshop – School of Computer Graphics: “BLAK2AN! Kontroversi dan Kontradiksi Visual Arts“, Jakarta

Radio Talkshow

2012
Brava Radio 103.8 FM | “The Captain

2012–sekarang
– Sonora Radio 92.00 FM | Setiap Selasa pukul 18.00
– Brava Radio 103.8 FM | Point of View program 5 hari seminggu (jam siar beragam di antara 07.00-20.00)

Dosen Tamu

– London School of Public Relations
– Universitas Pelita Harapan
– International Design School
– Ventura Asia (Founder Institute & IdeaBox Program)
– Founder Institute
– Binus International School (Nirwana Award)

PUBLIKASI DAN WAWANCARA

2013
Majalah Detik Online. Urusi Logo Sampai Tukang Berewokan. 2-8 Desember 2013.

2011
– Kedaulatan Rakyat. Menteri Kominfo Ingin Wujudkan Masyarakat Informatif. 28 September 2011.
– QTV. Strategi Branding Dalam Menghadapi Globalisasi. 5 Mei 2011.
– Indonesia Kreatif online, Pinasthika Creative Festival 2011; Raking Up Magical Knowledge

2010
– Majalah Concept. Sebuah Ekspresi Bernama Logo. 30 Agustus 2010.
– Majalah Concept. Sport Design. 23 Juli 2010.
– Majalah Concept. Ekspresi Sebuah Logo & Kolaborasi Solid Multi Disiplin. 30 Agustus 2010.

2008
OkeZone.com. Usaha Kreatif Jadi Hak Kekayaan Intelektual.

2002
Tempo Online. Mahalnya Sebuah Nama. 28 Oktober 2002.

Quoted

Makin banyak manfaat, makin sedikit dampak, makin baiklah desain itu

Arief Adityawan S.