70 Tahun Indonesia Merdeka oleh Rois Abidin

a

Masih dalam rangka kemerdekaan Republik Indonesia ke-70, satu lagi desainer grafis Indonesia yang juga turut berpartisipasi memeriahkan perwajahan logo HUT RI.

Memulai inisiatifnya untuk meredesain logo kemerdekaan yang diresmikan pemerintah sejak 2012, tahun ini Rois Abidin kembali mencoba menawarkan alternatif perwajahan logo. Kepada Desain Grafis Indonesia, Rois membagikan gagasannya berikut ini.

 


 

Merdeka!
Dirgahayu Indonesia-ku!

Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia merupakan momen spesial bagi bangsa Indonesia. Setiap tahun selalu diperingati dengan sangat meriah. Ya, kemeriahan yang selalu kita nantikan setiap tahunnya.
Begitu pun bagi saya pribadi. Sebagai seorang yang berkecimpung dalam dunia desain, ada satu hal yang menarik yang saya amati tiap tahunnya. Apakah itu? Tentu saja soal desain. Ya! Desain logo kemerdekaan negara kita tercinta.

Jika diperhatikan, dari tahun ke tahun secara visual ada sesuatu dalam logo HUT RI yang menurut saya pribadi terlalu ‘kaku’ dan butuh sesuatu yang baru dan segar. Untuk itu, sejak peringatan HUT RI Ke-67 saya menyempatkan diri untuk meredesain logo kemerdekaan yang kemudian saya unggah ke dunia maya. Hasilnya sungguh positif. Banyak rekan-rekan saya yang memakai logo tersebut.

Perwajahan Ulang Logo HUT RI ke-67 oleh Rois Abidin

Perwajahan Ulang Logo HUT RI ke-67 oleh Rois Abidin

Perwajahan Ulang Logo HUT RI ke-68 oleh Rois Abidin

Perwajahan Ulang Logo HUT RI ke-68 oleh Rois Abidin

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70, dengan tidak mengurangi rasa hormat saya kepada sang desainer, saya mencoba untuk mengolah desain logo 70 tahun Indonesia Merdeka yang resmi digunakan pemerintah tersebut dengan gaya (yang dalam pertimbangan saya) dapat lebih luwes, dinamis, serta fleksibel.

Desain ini saya bangun dari konsep tahun kemerdekaan Republik Indonesia, yakni ‘1945’ yang kemudian saya ambil angka ’45’-nya untuk membuat sudut serta potongan-potongan dalam desain. Saya juga mencoba untuk menyiratkan Pancasila ke dalam logo ini. Perisai yang ada dalam tubuh burung Garuda saya olah menjadi bentukan dasar logo.

3

Dalam HUT Kemerdekaan RI ini, sebagai seorang yang masih harus banyak belajar tentang desain, saya sengaja ‘menyedekahkan’ serta memberikan izin sepenuhnya kepada siapa pun di seluruh Indonesia untuk dapat menyebarluaskan dan menggunakan desain logo ini secara bebas, baik untuk kepentingan komersil maupun non-komersil. Tujuan saya adalah agar kita semua bisa sama-sama belajar, apabila logo hasil redesain saya ini dianggap belum maksimal, silahkan untuk diperbaiki. Oleh karena itu, saya memberikan file mentah dari desain ini untuk diolah.

Logo bisa diunduh di sini.

Sebagai catatan, jika anda menggunakan logo ini dalam media sosial silakan gunakan tagar #indonesia70th #merdeka70 #roisabidin lalu mention ke akun Twitter/Instagram saya di @roisabidin dan juga Desain Grafis Indonesia (Twitter: @desgrafind / Instagram: @DGIonline)

Semoga bermanfaat.
Salam kreatif.

 

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

20

RI70-Rois-FBCOVER 1

RI70-Rois-FBCOVER 2

RI70-Rois-FBCOVER 3

 


t. @roisabidin
f. fb.com/roisabidin

Quoted

“Cheating the system is very gratifying”

Nigel Sielegar