Logo Situs DGI dan harapan bagi kita semua

dg_logo33


Identitas sederhana dari Situs DGI (Desain Grafis Indonesia)
dengan warna primer hitam
dan contoh tampilan masa depan front web page Situs DGI (gambar kanan)


Seperti yang telah disepakati bersama, Situs DGI (Desain Grafis Indonesia) dibangun oleh prakarsa Mentor dan Desainer senior Hanny Kardinata dengan tujuan sangat sederhana. Memberitakan dan mengumpulkan informasi yang berguna seputar Desain Grafis Indonesia dan Internasional. Situs DGI adalah milik Indonesia. Khususnya seputar Desain Grafis Indonesia. Tanpa agenda yang lain, macam-macam ataupun campur tangan subjektif pihak atau institusi menapun. Desain Grafis Indonesia juga adalah bagian dari Desain Grafis Internasional. Suka atau tidak suka, cepat atau lambat, Indonesia adalah instrumen yang memperkaya khasanah desain grafis Internasional.

Identitas DGI men-ekspresikan huruf “i” secara tersembunyi (ligature). Huruf “i” pada Indonesia menyatu dan melebur dengan “DG” sebagai ekspresi Indonesia adalah bagian Desain Grafis Internasional. Huruf “i” pada Indonesia juga tidak sekedar sebagai unsur dekoratif elemen kultur khas Indonesia tetapi lebih sebagai fungsi atau problem solving. Desain Grafis bukanlah dekorasi tetapi problem solving.

Berangkat dari pemahaman di atas, lahirlah Identitas Situs DGI di bulan Desember 2007 dengan kondisi yang sederhana dan konsep yang praktis. Situs DGI sangat mendukung segala aktivitas dan perkembangan desain grafis Indonesia dan organisasi-organisasi yang terkait di dalamnya. Lebih spesifik, situs ini juga menjadi basis yang nyaman bagi penulis desain grafis untuk berkomunikasi sekaligus bertanggung jawab.

Walau Situs DGI masih jauh dari sempurna. Kami, para “volunteer” masih berharap satu saat situs DGI menjadi situs yang rampung, berdiri sendiri dan bahkan bisa memberi kontribusi dalam bentuk lain seperti penyelenggara seminar dst. selain daripada informasi di dunia maya.

Selamat menikmati Situs DGI hingga kini. Jangan bosan-bosan untuk berkunjung.

Salam,
Henricus Kusbiantoro
Salah satu kontributor Situs DGI
berdomisili di San Francisco
kelahiran Bandung

dgi_look13


Implementasi Identitas Situs DGI
Warna primer hitam dan tampilan alternatif warna lainnya


Quoted

Makin banyak manfaat, makin sedikit dampak, makin baiklah desain itu

Arief Adityawan S.