Home > Read > News >
CALL FOR ENTRY | Rerancang Identitas AQUA Lestari

Call-for-Entry-g2

Rerancang Identitas AQUA Lestari adalah sebuah lokakarya perancangan ulang identitas visual AQUA Lestari, sebuah inisiatif sosial dan lingkungan untuk kelestarian sumber daya air. Lokakarya ini diselenggarakan oleh DGI (Desain Grafis Indonesia) dan AQUA Grup, bekerjasama dengan ADGI (Asosiasi Desainer Grafis Indonesia).

Kegiatan ini bertujuan menjembatani desainer dan AQUA Grup, Pelopor Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia untuk mengembangkan logo AQUA Lestari sebagai identitas visual yang dapat mewakili filosofi dan nilai Perusahaan. Proses pencarian ini sekaligus untuk memperkenalkan komitmen Perusahaan terhadap kelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat serta menjadi wadah interaksi antar Perusahaan dengan komunitas desain di Indonesia.


Latar Belakang
Sebagai Perusahaan yang mendayagunakan air, AQUA Grup berkomitmen untuk menjaga kelestarian air dan lingkungan dengan melibatkan masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya. Pada tahun 2006, komitmen ini diwujudkan dalam payung inisiatif AQUA Lestari. Pengembangan program AQUA Lestari berbasis Daerah Aliran Sungai (DAS) dari hulu sampai hilir. Program ini dilaksanakan dengan berbagai kegiatan perlindungan air dan lingkungan, proses industri ramah lingkungan, pengelolaan yang bertanggung jawab dalam mendistribusikan produk, serta melibatkan dan memberdayakan masyarakat.

Program-program sosial dan lingkungan dalam payung AQUA Lestari dikomunikasikan kepada pemangku kepentingan dan masyarakat secara luas dengan menggunakan berbagai media. Untuk memvisualisasikan AQUA Lestari, dibuatlah sebuah logo pada tahun 2006 yang merupakan representasi dari komitmen perusahaan untuk pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

Sejalan dengan perkembangan program, AQUA Lestari tidak hanya menjadi payung untuk program sosial dan lingkungan, tetapi juga menjadi cara Perusahaan untuk menjalankan operasional bisnisnya. Pada tahun 2013, AQUA juga mengeluarkan logo baru untuk mempertegas komitmen Perusahaan dalam mendukung terciptanya keluarga dan lingkungan yang sehat di Indonesia.

Dengan konsep baru AQUA Lestari, maka identitasnya juga perlu diperbaharui. Identitas yang baru ini diharapkan dapat mencerminkan komitmen AQUA untuk berkontribusi menciptakan kehidupan masyarakat yang sehat di tengah lingkungan yang sehat.


Pendaftaran

Pendaftaran dibuka pada tanggal 11–31 Desember 2014 secara online dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Pendaftar tidak berstatus pelajar / mahasiswa
2. Pendaftar bukan anggota keluarga inti karyawan AQUA Grup
3. Perusahaan/Agency dapat diwakili oleh satu orang pendaftar
4. Pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir serta mengirimkan CV dan portfolio ke entry@dgi-indonesia.com
5. Portfolio berisi minimal 3 karya identitas visual beserta penjelasan dan pengaplikasiannya.
6. Pendaftaran tidak dipungut biaya
7. Pendaftaran ditutup pada tanggal 31 Desember 2014 pukul 17:00 WIB
8. Portfolio yang masuk akan diseleksi dan dipilih 20 pendaftar terbaik untuk dapat mengikuti proses selanjutnya

Penyeleksi
Zinnia Nizar-Sompie
—Co.Founder & Creative Director, Konsep M
—National Chairman, ADGI 2014-2016

Eric Widjaja
—Founder & Creative Director, Thinking*Room
—Communication & Media Director, ADGI 2014-2016

Ismiaji Cahyono
—Creative Director, SUNVisual
—Bureau Chief, Desain Grafis Indonesia


Pelaksanaan
Peserta yang terpilih WAJIB mengikuti serangkaian proses Rerancang Identitas AQUA Lestari sebagai berikut:

1. LOKAKARYA I: Pendalaman Materi
Diskusi tentang AQUA Lestari dan logo brand AQUA, pemahaman dan pengembangan ide rancangan
Sabtu, 10 Januari 2015, Pk, 10:00 – 17:00 WIB
Omah Ndelik
Jl. Damai No. 100 C, Jagakarsa, Cilandak, Jakarta Selatan

2. LOKAKARYA II: Pengembangan Karya
Pengayaan dan diskusi untuk mengembangkan karya dengan fasilitator yang sekaligus akan menjadi juri
Sabtu, 17 Januari 2015, Pk. 10:00 – 17:00 WIB
Omah Ndelik
Jl. Damai No. 100 C, Jagakarsa, Cilandak, Jakarta Selatan

3. PRESENTASI DAN PENJURIAN
Presentasi hasil akhir penggarapan identitas visual AQUA Lestari oleh peserta dan proses penjurian.
Sabtu, 31 Januari 2015
10:00 – 17:00 WIB
Kantor AQUA, Kawasan Pulo Gadung

4. PAMERAN TERBUKA
Pameran proses dan hasil karya 20 peserta Rerancang Identitas AQUA Lestari.
23 Februari – 2 Maret 2015
Alun Alun Indonesia, Grand Indonesia

Fasilitator dan Juri
Danton Sihombing
—Founder & CEO, INKARA Brand Consulting
—Author, “Tipografi dalam Desain Grafis”

Eka Sofyan Rizal
—Founder, Paprieka Studio
—Activist, FDGI
—Lecturer

Cecil Mariani
—Principal, 1221 Art/Design/Synthesis
—Lecturer


Apresiasi
Sebagai bentuk apresiasi, AQUA Grup akan memberikan kompensasi bagi karya terpilih sebagai berikut:

Rp 30,000,000,- untuk 1 karya yang terpilih menjadi logo baru AQUA Lestari
Rp 5,000,000,- untuk 1 karya dengan pencapaian khusus
Rp 500,000,- untuk 18 peserta lainnya


Hak Cipta

Hak cipta atas 1 karya terpilih dan 1 karya dengan pencapaian khusus akan menjadi milik pihak AQUA Grup sepenuhnya.


Informasi

DESAIN GRAFIS INDONESIA
+62 21 29237 900
Neo Permata B-55
Bintaro Jaya Sektor 9
Tangerang 15227 Indonesia

Contact Person: Fendy – 0878 828 008 94

Quoted

Make your interactions with people transformational, not just transactional.

Eve Vogelein