Home > Read > News >
COLLECTED: Meet the Curators

Mari berkenalan dengan tim kurator dari COLLECTED!

Dimaksudkan sebagai kompendium profil desainer grafis Indonesia, COLLECTED akan memuat profil para desainer grafis Indonesia sekaligus karya-karya terbaik yang telah membentuk jati diri para desainer grafis Indonesia, baik yang berkarya di dalam maupun luar negeri.

Sepanjang perjalanannya dalam usia yang masih terlampau muda dibandingkan negara-negara lain, para desainer Indonesia memiliki caranya tersendiri dalam membangun, mengalami, dan membentuk identitas dalam upaya pencarian jati diri sebagai desainer. COLLECTED dimaksudkan untuk memanggil para individu untuk menampilkan jati dirinya. Buku ini diharapkan dapat menjadi sebuah artikulasi langkah untuk menemukan dan membentuk identitas yang kita sebut sebagai ‘desain grafis Indonesia’.

COLLECTED merupakan kolaborasi antara Desain Grafis Indonesia dengan Corse Design Factory.

 


 

Temui para kuratornya:

ERIC BAKER

Eric-Baker

Desainer, penulis, pendidik, dan Kepala Studio Eric Baker Design Associates, Inc., sebuah firma desain berbasis di New York yang telah berdiri sejak 1986. Anggota aktif The American Institute of Graphic Arts (AIGA) ini memiliki pengalaman panjang sebagai juri dalam berbagai kompetisi desain dan pembicara dalam berbagai konferensi tingkat nasional dan internasional serta di berbagai institusi desain. Pada 2014, Eric Baker menjadi salah satu pembicara utama dalam ulang tahun ke-100 AIGA.

Atas perjalanan karya-karya desain independennya, Eric menerima anugerah National Endowment for the Arts Design Grant sebanyak 2 kali. Pada 2014, ia dianugerahi gelar Honorary Doctorate dari Academy of Art University, San Fransisco, atas kontribusinya bagi desain dan pendidikan.

Selengkapnya: Meet the Curator—Eric Baker

 

RAFAEL ESQUER

(Foto oleh Gala Narezo)

(Foto oleh Gala Narezo)

Desainer kelahiran Meksiko yang satu ini telah mengisi berbagai sudut jantung Amerika Serikat, New York dengan karyanya. Bersama Alfalfa Studio yang didirikannya pada 2004, ia telah bekerja dengan berbagai institusi, baik perusahaan, pemerintahan, dan organisasi kultural. Sepanjang kariernya, ia telah bekerja bersama Kate Spade New York, The Glass House, Björk, Amphibian Stage Productions, The Houston Rockets, The New York Times Magazine, Nike, AIGA, International Flavors and Fragrances, Tommy Boy Records, Target, Scholastic, Museo del Barrio, The City of New York, hingga MTV.

Selengkapnya: Meet the Curator—Rafael Esquer

 

SITA SUBIJAKTO

SitaSubijakto-Profil

Menapaki karier di agensi periklanan, majalah perempuan remaja dan mode, dan mendirikan agensi kreatif pertama yang membuat acara fesyen di TV swasta pertama Indonesia sejak dekade 80-an, desainer senior ini kini menjadi sosok yang memegang peranan utama dalam pengonsepan dan perancangan materi grafis kreatif ruang retail modern yang mendukung pengembangan produk berbasis kultural Indonesia, Alun-Alun Indonesia.

Semenjak akhir masa studinya hingga sekarang, perempuan bernama lengkap Sita Damayanti Subijakto Warman ini telah dianugerahi sejumlah penghargaan, antara lain: Piala Ali Sadikin pada 1997 untuk kategori Grafis Murni, Piala Joop Ave pada 1984 untuk poster kebudayaannya, serta sejumlah penghargaan yang diperoleh bersama agensi yang turut ia dirikan pada 1992, Headline Creative Communications.

Selengkapnya: Meet the Curator—Sita Subijakto

 

GAURI NASUTION

GauriNasution-Profil

Kariernya di dunia desain grafis Indonesia dimulai sejak 1980 dengan mendirikan studio GUA Graphis. Bersama rekan-rekannya, ia mendirikan IPGI (Ikatan Perancang Grafis Indonesia—kini ADGI) yang memiliki misi untuk memasyarakatkan profesi desain grafis pada publik. Desainer yang pernah berguru langsung pada Milton Glaser pada 1989 di Summer Course School of Visual Art, New York, kini dipercayakan sebagai salah satu Dewan Penasihat ADGI. Sebelumnya, pada 1990 hingga 1994, Gauri Nasution menjadi anggota American Institute of Graphic Arts (AIGA), Amerika Serikat, sebuah organisasi nirlaba yang bergerak dalam pengembangan desain dan desainer grafis khususnya di Amerika.

Selengkapnya: Meet the Curator—Gauri Nasution

 


 

COLLECTED merupakan proyek buku kolaborasi Desain Grafis Indonesia bersama Corse Design Factory yang akan menjadi sebuah kompilasi profil para desainer grafis kontemporer Indonesia, baik yang bekerja di dalam maupun luar negeri. COLLECTED merupakan satu langkah dalam perjalanan menemukan jati diri desain(er) grafis Indonesia.

Submisi karya Anda ke submission@dgi.or.id
Syarat dan ketentuan submisi: COLLECTED: Call for Submissions

Quoted

Some nature is better polluted by design and art

Henricus Linggawidjaja