Home > Read > News >
Jadi Bagian dari Desain Grafis Indonesia

1

Sebagai lembaga swadaya dan swadana yang berfokus pada perkembangan desain grafis Indonesia, Desain Grafis Indonesia percaya pada kekuatan kerja kolektif. Cita-cita besar kami untuk mendirikan Museum Desain Grafis Indonesia yang didorong dengan semangat pelestarian tak mungkin dilakukan seorang diri.

Dalam komitmen kami untuk membimbing pemahaman di antara desainer grafis di Indonesia dalam persimpangannya dengan seni, desain, budaya, dan masyarakat, kami menjalani sejumlah program: media daring dan museum digital yang berumah di dgi.or.id, penerbitan buku-buku desain berwawasan di DGI Press, pendistribusian karya kreatif di DGI Store, serta program-program luring yang dimaksudkan untuk membangun budaya berpikir kritis dan terbuka seperti DGI Design Camp dan yang akan datang seperti DGI Talks dan DGI Juncture.

Saat ini, Desain Grafis Indonesia belum bersistem keanggotan. Karenanya, seluruh program tersebut tidak dapat terwujud jika hanya dijalani oleh tim operasional kami yang berskala kecil. Karenanya, kami mengundang Anda—praktisi, akademisi, pelajar, pengamat, peminat, dan siapa pun yang menaruh perhatian pada desain grafis Indonesia—untuk menjadi bagian dari perjalanan untuk mewujudkan cita-cita ini.

 


 

DUKUNG KAMI

1. Bertransaksi di DGI Store

160128-DukungKami-01Store

DGI Store adalah divisi kerja kami yang mendistribusikan produk-produk DGI maupun berbagai insan kreatif di tanah air. Selain dapat mendukung semangat penciptaan di antara seniman/desainer Indonesia, dengan bertransaksi di DGI Store, Anda telah berkontribusi bagi pendanaan operasional DGI serta turut ambil bagian dalam tabungan menuju Museum Desain Grafis Indonesia.

Kunjungi: store.dgi.or.id

 

2. Menjadi kontributor redaksi dgi.or.id

160128-DukungKami-02Kontributor

Perkembangan desain grafis Indonesia hanya akan berjalan jika didukung dengan semangat pencatatan, penyebarluasan informasi, serta terbangunnya iklim kritis di antara sesama desainer grafis dan persinggungannya. Karenanya, situs dgi.or.id menerima kiriman tulisan berupa:
– opini/perspektif
– wawancara
– ulasan karya/pameran/buku/film
– tulisan historis
– tulisan akademis

Pengiriman tulisan:
mail@dgi.or.id dengan subyek: Kirim Tulisan – [Nama Lengkap]

 

3. Menjadi kolaborator program

160128-DukungKami-03Programm

Memiliki gagasan program eksperimentatif atau ingin menyelenggarakan kegiatan desain bersama DGI? Ajukan proposal kegiatan Anda ke mail@dgi.or.id dengan subyek Proposal Program – Judul Kegiatan – [Nama Lengkap/Instansi].

Selain gagasan program, Anda juga bisa mendukung penyelenggaraan program kami yang dimaksudkan untuk menjadi ruang interaksi dan eksperimentasi desainer grafis baik dalam penyediaan venue, teknis, finansial, dan lain sebagainya..

 

4. Menjadi relawan operasional

160128-DukungKami-04relawan

Dengan meluangkan waktu sebanyak 12-15 jam per minggu untuk mendukung tim operasional, Anda dapat mendukung keberlangsungan Desain Grafis Indonesia untuk memotori program-program kami.

Pengajuan lamaran relawan:
mail@dgi.or.id dengan subyek Relawan – [Nama Lengkap] dengan menyertakan CV dan Portofolio terbaru.

 

5. Menerbitkan buku Anda di DGI Press

160128-DukungKami-05Press

Dalam desain grafis, rancangan sampul kadang segalanya. Berbeda dengan DGI Press, divisi penerbitan DGI, walau juga mementingkan sampul, namun isinya mengejutkan, harum menghanyutkan, dengan rasa yang memabukkan.

Berpedoman pada visi DGI, DGI Press berkomitmen menerbitkan publikasi-publikasi bermutu karangan desainer grafis Indonesia (dan lintasannya) yang mampu mendorong pemberdayaan industri kreatif di Indonesia secara inspiratif dan diskursif.

Ajukan naskah maupun artbook Anda ke press@dgi.or.id dengan subyek: Pengajuan Penerbitan – [Judul Naskah] – [Nama Lengkap]

 

6. Mendistribusikan produk kreatif Anda di DGI Store

160128-DukungKami-06Store

DGI Store mendistribusikan karya seniman, desainer, dan penulis seni budaya Indonesia melalui jaringan situs Desain Grafis Indonesia (DGI) ke seluruh indonesia, dan semoga kelak juga ke berbagai negara.

Sebarluaskan karya grafis, seni, buku, produk, kriya, busana, perhiasan, furnitur, merchandise Anda dengan mengajukannya ke store@dgi.or.id.

 

7. Berdonasi

160128-DukungKami-07Donasi

Untuk mendukung keberlangsungan operasional Desain Grafis Indonesia dan tabungan Museum Desain Grafis Indonesia, Anda dapat melakukan donasi ke rekening kami:

Mandiri 164 000 1017 609
a/n Desain Grafis Indonesia

Konfirmasi: mail@dgi.or.id
Subyek: Konfirmasi Donasi – Nama Lengkap

 


 

“Kalau tak dicatat, kita kehilangan jejak apa yang sudah dilakukan dan apa prospek ke depan; buta akan riwayat sendiri.”
—Priyanto Sunarto (1947-2014)

Mari terus menjadi bagian dari semangat ini.

 

Quoted

“Keberhasilan merancang logo banyak dikaitkan sebagai misteri, intuisi, bakat alami, “hoki” bahkan wangsit hingga fengshui. Tetapi saya pribadi percaya campur tangan Tuhan dalam pekerjaan tangan kita sebagai desainer adalah misteri yang layak menjadi renungan.”

Henricus Kusbiantoro