Home > Read > News >
FDGI&Friends#16: “Antropografis-Identifikasi Visual Indonesia dalam Desain Grafis”
FDGI&Friends#16: Antropografis.

FDGI&Friends#16: Antropografis.

Halo pencinta desain grafis!

FDGI&Friends kembali hadir di tengah kita. Kali ini kita coba bicarakan tentang topik yang bermanfaat, yaitu menghubungkan antara desain grafis dengan antropologi; ilmu tentang manusia, terutama ke lingkup antropologi sosial dan budaya.

Menarik sekali bagaimana kita bisa membahas studi tentang budaya manusia, mencari ke-Indonesia-an, sambil memahami bahasa visual yang seperti bagaimana yang meng-Indonesia itu.

Oleh sebab itu, coba kita hadirkan narasumber yang berpotensi menjawab topik ini:

Iwan Meulia Pirous.
Dosen antropologi Universitas Indonesia, yang tulisan ilmiahnya membahas hubungan antropologi dengan seni rupa dan salah satu risetnya tentang identitas masyarakat perbatasan Indonesia dengan negara tetangga. Aktif di Jurnal Antropologi Indonesia, kegiatan riset dan aplikasi antropologi lainnya.

Arief Adityawan.
Dosen DKV yang dari dulu sangat peduli terhadap pemikiran desain grafis lintas disiplin, terutama ke lingkup sosial politik. Sekarang aktif menulis di blog Desain Grafis Indonesia, juga sebagai salah satu direktur di grafisosial.

Acara ngobrol ini makin diperseru dengan kehadiran:

Duvan Desela.
Art Director Lines Advertising.

Daud Budi Surya.

Pemenang Lomba 1001 Cover majalah Concept.

Jadi, ditunggu ya di Emax Kemang!

Salam FDGI!

Quoted

“Keberhasilan merancang logo banyak dikaitkan sebagai misteri, intuisi, bakat alami, “hoki” bahkan wangsit hingga fengshui. Tetapi saya pribadi percaya campur tangan Tuhan dalam pekerjaan tangan kita sebagai desainer adalah misteri yang layak menjadi renungan.”

Henricus Kusbiantoro