Home > Read > News >
Pameran Meanline Visualithic 2016

Pada tanggal 28 – 30 November 2016 kemarin ini, para lulusan mahasiswa/i desain grafis (2012) Telkom University menyelenggarakan acara pameran tugas akhir yang bertempat di Gedung Indonesia Menggugat, Babakan Ciamis – Bandung.


meanline-dgi-4

Kami menyelenggarakan pameran ini untuk menampilkan tawaran solusi terhadap masalah-masalah atau peluang yang ada di masyarakat. Mulai dari pemaparan ide, karya, gagasan dan kreativitas serta inovasi untuk menjadikan masyarakat yang lebih baik. Meanline tahun ini merupakan acara yang pertama yang diharapkan akan berlanjut di tahun-tahun selanjutnya.

Meanline perdana ini mengangkat tema “Visualithic”, yaitu sebuah istilah buatan kami yang dimaknai dengan membayangkan di zaman dulu saat zaman paleolitikum ada seorang manusia luar biasa yang melampaui zamannya, ia adalah genus homo pertama yang menciptakan perkakas simetris. Manusia sudah sadar estetika, ia sebagai pembaharu yang revolusioner dan inovatif, di mana eksistensinya melampaui esensinya pada zaman tersebut. Dengan mengangkat tema ini, mengungkapkan bahwa kami berharap bahwa kami adalah manusia zaman batu yang inovatif tersebut. Dengan aksi kami menyediakan solusi yang belum ada sebelumnya pada saat ini. Solusi ini diharapkan dapat menjadi sebuah inovasi terhadap masalah yang kita angkat, sehingga produk desain grafis ini dapat berguna, memiliki fungsi untuk masyarakat serta estetis.

meanline-dgi-38

meanline-dgi-39

meanline-dgi-40

meanline-dgi-42

meanline-dgi-43

meanline-dgi-51

meanline-dgi-52

Meanline terdiri dari tiga rangkaian acara yaitu Pameran Tugas Akhir, Workshop Ilustrasi Buku, dan Talkshow tentang industri desain grafis di masa dulu, sekarang, dan selanjutnya. Pameran menampilkan 20 karya tugas akhir dengan output yang variatif, yang kesemuanya bersifat inovatif kreatif dan bertujuan untuk membantu masyarakat secara efektif dan estetis. Workshop mengajak para peserta untuk ikut dan memahami lanjut tentang sejarah literasi Indonesia dengan pendekatan redesign ilustrasi cover buku, rangkaian acara ini kolaborasi bersama pihak Gedung Indonesia Menggugat dan komunitas Pensil Kertas. Talkshow diisi tiga pembicara oleh Andi Rahmat Ketua komunitas ADGI Bandung dan Design Director NUSAE Studio dan Mezki Sesdiawan sekaligus founder Nusae Studio, Novian Denny Nugraha Dosen DKV Telkom University sekaligus pendiri WIN Design, dan Muhammad Faisal Alim CEO dari Dassein Graphic Labs. Ketiganya membahas perkembangan industri kreatif dan bagaimana seharusnya fresh graduate graphic design dapat teredukasi dengan hal tersebut.

meanline-dgi-7

meanline-dgi-8

meanline-dgi-10

meanline-dgi-16

meanline-dgi-24

meanline-dgi-26

meanline-dgi-30

 

Seluruh rangkaian acara memiliki tujuan dan maksud baik yang sama, yaitu bertujuan menciptakan lulusan-lulusan desain grafis yang dapat bermanfaat bagi masyarakat secara riil. Dan acara dikemas sedemikian rupa dalam balutan estetika. Sehingga, Meanline yang dapat dikatakan sebagai acara yang memiliki tujuan yang baik dan dikemas secara menarik, tentunya sangatlah berguna untuk masyarakat dan industri kreatif. Inilah waktu kami, sebagai bagian dari industri kreatif, untuk menunjukkan dan mengajak masyarakat mencapai kehidupan yang lebih baik dengan solusi inovatif kreatif. Maka, untuk menuju zaman kini yang lebih baik, kita akhirnya berani berkata lantang ”YA!”.

meanline-dgi-53

meanline-dgi-54

meanline-dgi-62


CONTACT

Email : meanlinevisualithic@gmail.com
Instagram : instagram.com/meanline
Facebook page : meanline
Contact Person : (Shani) 081905096230

Quoted

“Seorang desainer harus memiliki keberpihakan pada konteks membangun manusia Indonesia. Peka, tanggap, berwawasan, komunikatif adalah modal menjadikan desainnya sebagai alat perubahan”

Arif 'Ayib' Budiman