2010 | Poster “Love Our Ocean”

LoveOurOcean-MURYANI


Judul
Love Our Ocean

Tahun
2010

Desainer
Muryani


Waita 21, sebuah kolaborasi negara-negara ASEAN dan 4 negara lain (Australia, Cina, Jepang, dan Korea), mengadakan kompetisi poster bertajuk “Ocean Life Heritage”. Tema yang diangkat pada poster diharapkan mampu membangkitkan kesadaran masyarakat atas pentingnya konservasi kekayaan laut. Yang menarik dari kompetisi tersebut adalah diwajibkannya penggunaan dan pengolahan ornamen dan pola tradisional tiap negara.

Muryani melakukan riset terhadap ornamen-orname yang ada di batik Indonesia. Setelah brainstorming, ia memutuskan untuk membuat desain semi-kolase menggunakan sosok yang umumnya ada di lautan Indonesia ditambah dengan sesosok Naga, sosok yang dalam mitos dianggap sebagai penjaga lautan. Poster yang ia buat ingin menampilkan kekayaan dan potensi laut Indonesia. Pada bagian atas poster, pola awan mega mendung dari batik Cirebon digunakan sebagai lambang kehidupan manusia (atas dan bawah).

Warna yang digunakan berangkat dari warna tradisional Batik Jawa. Biru tua digunakan untuk melambangkan kesuburan, coklat untuk kehangatan, ketenangan, dan keramahan. Secara keseluruhan, poster ini mengandung pesan bagaimana kita dapat bersahabat dengan laut dan menjaganya serta merawat kekayaan sumber daya yang dikandungnya.

Quoted

If your creativity is not your passion, there won’t be passion in your creativity.
Be passionate… and never sell yourself cheap

Lans Brahmantyo