Saul Bass: Desain Grafis dalam Film

 

Para penggemar film tentunya akrab dengan sekuens judul pembuka film Psycho (1960) garapan Alfred Hitchcock di atas. Dengan gaya visual yang khas dan dapat kita temui dalam sekuens judul film-film lain di era 1950-an bahkan hingga 1990-an, Saul Bass telah merevolusi peran sekuens judul pembuka film.

Saul Bass mengawai perannya sebagai desainer poster dan sekuens judul pada film besutan Otto Preminger yang diproduksi pada 1954, Carmen Jones. Ketika pada masa itu rata-rata poster film hanya menggunakan gambar diam potongan film atau kolase foto para pemainnya, Saul Bass muncul dengan pendekatan yang berbeda: komposisi dramatis Dorothy Dandrige dalam komposisi hitam-putih dengan rok merahnya menjadi aksennya. Preminger yang dibuat terkesima oleh rancangan itu pun akhirnya meminta Saul Bass membuat serta sekuens judul film tersebut.

 

Carmen_jones

https://www.youtube.com/watch?v=FYJBt21-Bow&w=570&rel=0&showinfo=0

 

Rancangan Saul Bass pada film Preminger berikutnya, The Man with The Golden Arm (1955) menandai kepiawaian Saul Bass dalam mengolah poster film dan sekuens judul menjadi sebuah kanvas seni.

 

 

Hingga akhir masa hidupnya pada 1996, Saul Bass telah membuat lebih dari 50 poster film dan sekuens judul bagi beragam sutradara: Otto Preminger, Alfred Hitchcock, Stanley Kubrick, John Frankenheimer, dan Martin Scorsese. Bersama Elaine, istrinya, Bass telah membentuk peran signifikan desain grafis dalam perfilman hingga hari ini.

 

 

“Dengan judul-judul ini, saya telah mengatasi apa yang saya anggap sebagai hal yang paling menantang dalam kerja kreatif, yakni untuk menghadapi hal yang biasa-biasa saja. Hal-hal yang telah sedemikian rupa kita kenali membuat kita berhenti untuk mengamatinya. Hadapi hal-hal itu dengan cara yang memungkinkan kita untuk mempunyai pemahaman yang berbeda. Singkatnya, bagaimana menjadikan hal biasa menjadi sesuatu yang luar biasa. Pada Nine Hours to Rama yang menceritakan masa-masa 9 jam sesuai pembunuhan Mahatma Gandhi, misalnya. Dengan menggunakan jam—obyek yang tak istimewa—dan mengaitkannya dengan pemeriksaan tiada henti, saya harap dapat menciptakan sebuah kesadaran yang intens atas setiap detik yang dilalui oleh seseorang,” tutur Saul Bass dalam sebuah wawancara “Bass on Titles”.***

 


"Nine Hours to Rama" (Mark Robson, 1963)

“Nine Hours to Rama” (Mark Robson, 1963)

"The Man with The Golden Arm" (Otto Preminger, 1955)

“The Man with The Golden Arm” (Otto Preminger, 1955)

"Love in the Afternoon" (Billy Wilder, 1957)

“Love in the Afternoon” (Billy Wilder, 1957)

"The Magnificent Seven" (John Sturges, 1960)

“The Magnificent Seven” (John Sturges, 1960)

"Schindler’s List" (Steven Spielberg, 1993)

“Schindler’s List” (Steven Spielberg, 1993)

"Schindler’s List" (Steven Spielberg, 1993)

“Schindler’s List” (Steven Spielberg, 1993)

"Such Good Friends" (Otto Preminger, 1971)

“Such Good Friends” (Otto Preminger, 1971)

"The Fixer" (John Frankenheimer, 1968)

“The Fixer” (John Frankenheimer, 1968)

"The Two of Us" (Claude Berri, 1967)

“The Two of Us” (Claude Berri, 1967)

"In Harm’s Way" (Otto Preminger, 1965)

“In Harm’s Way” (Otto Preminger, 1965)

"The Cardinal" (Otto Preminger, 1963)

“The Cardinal” (Otto Preminger, 1963)

"Advise & Consent" (Otto Preminger, 1962)

“Advise & Consent” (Otto Preminger, 1962)

"Exodus" (Otto Preminger, 1960)

“Exodus” (Otto Preminger, 1960)

"Anatomy of A Murder" (Otto Preminger, 1959)

“Anatomy of A Murder” (Otto Preminger, 1959)

"Vertigo" (Alfred Hitchcock, 1958)

“Vertigo” (Alfred Hitchcock, 1958)

"Saint Joan" (Otto Preminger, 1957)

“Saint Joan” (Otto Preminger, 1957)

"Bonjour Tristesse" (Otto Preminger, 1958)

“Bonjour Tristesse” (Otto Preminger, 1958)

"Storm Center" (Daniel Taradash, 1956)

“Storm Center” (Daniel Taradash, 1956)

"The Man with The Golden Arm" (Otto Preminger, 1955)

“The Man with The Golden Arm” (Otto Preminger, 1955)

 


Saul Bass Poster Archive | Saul Bass’s Title Sequences | Saul Bass on the Web

Quoted

“Imajinasi yang liar lebih kuat dari lirik yang sok mau jelas.”

Slamet A. Sjukur