DESAINER GARIS KERAS YANG ANTI KEKENYALAN
Rokkin bekerja secara aktif di Petakumpet Creative Coordinator dan telah menempuh beberapa cobaan-cobaan dalam hidup selama bekerja disana. Rokkin begitulah panggilan untuk seorang yang berjiwa keras dan selalu bersemangat untuk terus kreatif. Dengan namanya itu Rokkin sudah membentuk brand personalitas dirinya sendiri menjadi desainer yang keras dan ampuh dalam setiap karyanya.
Kok namanya Rokkin Visual, apakah ada alasan khusus?
Ga ada makna kususnya kok boz…ya just enak didengar (namanya), diliat (logonya), dinikmati (designya), dicicipi (desainernya).
Sejak kapan mulai suka menggambar dan mendesain?
Dari TK (nggambarnya) trus kalo ndesainya pas waktu smp dulu kenal yg namanya meja kelas sekolah yg bisa buat media ndesain (corat coret, dulu alatnya msh pake Tip X) meskipun ndesainya (corat-coret meja kelas) berkutat seputar nama genk & personal branding.
Kenapa memilih profesi ini?
Suka aja c…drpd jd PNS? ga ada keren2 ne blas e…
Kenapa memilih Petakumpet?
Suka aja c…drpd di Kelurahan?! kn ga ada lowongan graphic designer…
Apa obsesi Anda di bidang kreatif yang sedang Anda kejar?
Award! Award! Award…& Bikin TVC yg kolosal (kapan ya? he…)
Apa tantangan yang Anda rasakan di industri periklanan Yogyakarta?
Selalu low buget campaign! Itu sebuah tantangan yg menggiurkan menurutQ, coz di situ aq bs menemukan ilmu: 1. gmn caranya (ngakalin) menekan biaya yg mahal menjadi murah (biasanya ketika produksi iklan, TVC/Print ad). 2. Menjaga kwalitas yg di hasilkan agar tetep bagus tanpa harus mentok di budget.
Secara pribadi apakah artstyle yang sangat Rokkin?
Yang ngeRock, Metal, Nakal & sedikit dikasih sentuhan melancolis..
Siapakah influencer paling berpengaruh bagi Anda?
Nirvana, S.I.D, Metalica, Silverchair, …(Loh!Loh!kok aq koyo anak2 band ya? wes benlah…pertanyaane jg kaya’ buat anak2 band..ha.ha…)
Bagaimana Anda memandang kompetisi? Pinasthika, Citra Pariwara dan Adfest, beri komentar Anda?
Sebuah tantangan yg harus di taklukan, Visi & Misi yg harus dijalani setiap hari.
Apakah makna team bagi Anda?
Bebarengan Mrantasi Gawe tp kalo enggak bisa BMG brarti cm sekumpulan org yg tidak menghasilkan apa2…
Sebutkan 10 kegiatan yang paling Anda sukai saat stuck?
1. Minum teh anget
2. Karaoke’an,
3. Sms’an,
4. Ntn DVD,
5. Jalan2,
6. Bobok ning nong,
7. Pulang kampung,
8. Pijet,
9. Coli sambil makan mie,
10. Jemput adek pulang sekolah..
Sebutkan 10 kondisi ternyaman saat Anda sedang mendesain?
1. Sambil dipijitin,
2. Sambil Karaoke’an,
3. Sambil Sms’an,
4. ditungguin klien,
5. Gebrak2 meja,
6. Sambil Rokok’an,
7. Tersedia Teh Anget,
8. Komputer berjalan sesuai harapan,
9. Dapet berita kalo menang lomba (lagi),
10. Lancar beli rokoknya
ROKKIN’S WORKS
Karya Rokkin Visual dan timnya di Petakumpet. Direct mail “Mertjon-Seboeah Tjindera Mata” dalam rangka hari raya Idul Fitri.
Jogja Dog Days Campaign
Kampanye Jogja Dog Days yang meraih beberapa logam penghargaan di Pinasthika AdFest 2006.
Kampanye iklan harian Kedaulatan Rakyat (KR) karya Rokkin dan timnya di Petakumpet.
Menurut Rokkin: “KR adalah klien yang mengagumkan, karena diberikan kebebasan untuk eksplorasi ide kreatif, namun outputnya tetap dipantau oleh pihak klien.”
Naskah iklan:
Migunani Tumraping Liyan
Sekecil apapun kebaikan yang kita perbuat bisa bermakna besar bagi orang lain.
Berguna bagi sesama membuat hidup lebih berarti.
Company Profile DKV Universitas Petra-Surabaya yang meraih award sebagai The Best of Graphic Design di Pinasthika AdFest2006.
Sumber: bajigur! majalah kreatif berbasis kerakyatan, Vol.01/Sept/07
“Keberhasilan merancang logo banyak dikaitkan sebagai misteri, intuisi, bakat alami, “hoki” bahkan wangsit hingga fengshui. Tetapi saya pribadi percaya campur tangan Tuhan dalam pekerjaan tangan kita sebagai desainer adalah misteri yang layak menjadi renungan.”