Tanya Jawab Bersama Henricus Kusbiantoro

Senin, 27 Agustus 2007


Interview ini dipublikasikan saat Festival Iklan Pinasthika 2007 di Jogjakarta.


PERTANYAAN: LAGI MENGERJAKAN KAMPANYE APA SAAT INI MAS?

Samsung Worldwide Partner in Beijing 2008. Baru launch bulan Juli kemarin, kampanye ini dimulai di Beijing dan menyebar ke belahan dunia lain hingga d-day.

 

KAPAN AWAL TERBERSIT TERJUN KE DUNIA BRANDING?

Saya sendiri kurang mengerti apa itu branding saat kuliah dulu di desain grafis ITB Bandung. Sejak kuliah di Trisakti tahun 1992 dan ITB tahun 1993 saya sudah menyukai logo. Bahkan terlalu fokus ke arah corporate identity. Sedangkan teman-teman kuliah kebanyakan menyukai advertising, ilustrasi dan komik! Jarang sekali yang sibuk ngurusin logo atau branding. Passion ini berlanjut hingga ke dunia kerja.

 

SEBAGAI ORANG KREATIF, BAGAIMANA PERILAKU KREATIF DALAM HIDUP MAS?

Saya sendiri bingung apa itu batasan kreativitas. Banyak yang bilang perilaku kreatif saya sedikit banyak menyusahkan orang lain terutama istri saya. Saya suka eksperimen memasak…output-nya dapur berantakan. Dunia kreatif saya agak sempit karena selalu bicara petualangan alam, dunia desain, sejarah dan hunting makanan dan museum. Membosankan bagi lulusan MBA.

 

BAGAIMANA MEMULAI HARI DI SETIAP PAGI, ADA RITUAL KHUSUS NGGAK?

Berdoa bersama istri sebelum makan pagi. Doa itu penting agar hidup kita fokus.

 

APA PENGALAMAN BERHARGA BAGI MAS ICUS DALAM MENDESAIN?

Membuat kartu penghiburan bagi pelayat untuk Nenek saya tercinta yang meninggal di usia 88 tahun. Nenek saya sempat tinggal di apartemen kami selama setengah tahun. Saya tidak menyangka kepergian-nya sangat cepat dan ini sangat menyentuh hidup saya. Bagi saya, tidak ada yang pekerjaan yang lebih berharga daripada merancang sebuah desain kartu bagi pribadi yang membekas di hidup anda.

 

DAN APAKAH DESAIN YANG PALING MENG-INSPIRASI MAS ICUS DALAM MENDESAIN..?

Desain yang “honest”. Desain yang dirancang untuk problem solving mustilah stand out dan bukan untuk ego desainer. Walau kadang apa yang “tidak jujur” bagi saya, di mata klien bisa berarti sebaliknya. Desain yang sukses sama saja dengan “orgasme yang berhasil”. Kedua pihak selayaknya merasa puas.

Saya menyukai design approach Tibor Kalman.

 

MAS ICUS, KITA TAU KALO MAS SUDAH BANYAK MEMBICARAKAN TENTANG BRANDING DAN MENANGANI LANGSUNG BRAND-BRAND BESAR BAHKAN HINGGA MERAIH BEBERAPA PENGHARGAAN, NAH BAGAIMANAKAN MEMBERI GARIS LURUS ANTARA KEPENTINGAN KLIEN DENGAN STANDAR PENGHARGAAN?

Banyak kita sering mendengar: klien tidak peduli dengan penghargaan dan hanya mementingkan profit plus marketing. Jawabannya: benar.

Banyak kita sering mendengar: klien datang khusus meminta jasa biro desain tertentu karena biro tsb. banyak memperoleh penghargaan. Jawabannya: juga benar.

 

KLIEN ADALAH RAJA, BAGAIMANA MAS ICUS MENANGGAPI PERNYATAAN ITU?

Dan desainer itulah… penasehat raja.

Penting sekali untuk menjalin relationship dan bertukar pikiran dengan klien. Sudah cerita klasik bila ide brilian datangnya justru dari klien.

 

KINI BANYAK KALANGAN DESAIN YANG MENYUARAKAN DESAIN UNTUK KEMANUSIAAN DAN DUNIA YANG LEBIH BAIK, DIMANA PERANNYA SECARA JELAS?

Tidak ada yang lebih penting daripada peran desainer grafis dalam aksi-aksi demonstrasi di berbagai belahan dunia. Bahkan di negara dunia ketiga sekalipun. Sebagai contoh, peran desainer informasi The New York Times tidaklah kalah berpengaruh dalam memberi informasi grafis yang akurat dan mudah dipahami bagi tragedi atau kejadian bersejarah abad manusia. Desainer grafis dan informasi memiliki peran setimpal dgn penulis kaliber Malcolm Gladwell sekalipun.

 

APA SAJA GEBRAKAN DESAIN YANG SUDAH MERUBAH DUNIA? SEKEREN “OBEY” GITU DEH…

Antara NAZI, United Colors of Benetton, hingga Injil.

 

DESAINER GRAFIS, ART DIRECTOR DAN CREATIVE DIRECTOR MENURUT MAS ADALAH JENJANG KARIR ATAU PILIHAN? MENGAPA?

Idealnya: bukan keduanya. Desainer Grafis yang haus belajar seharusnya juga memposisikan diri dan mentalnya juga sebagai Creative Director dan Art Director. Desainer grafis terpanggil untuk merancang dan memecahkan masalah bukan untuk dirinya sendiri tetapi bertujuan persuasi terhadap klien. Bila rantai ini terputus, passion desainer grafis tersebut hanyalah semu dan ini menyedihkan. Sekedar mengagumi diri sendiri. Saya jujur mengalami masa-masa tsb.

 

PERNAH KERJA JADI FREELANCER NGGAK? MENURUT MAS JADI FREELANCER TOTAL DI INDONESIA BISA HIDUP NGGAK? KALO DITANYA TETANGGA “MAS KERJANYA APA” TERUS JAWABNYA GIMANA ENAKNYA?

Pernah. Kini juga masih selain full time job. …Tentu saja freelancer bisa hidup dan berbangga di Indonesia. Nanti Freelancer and Co Jakarta nggak terima lo. Peduli amat kata tetangga. Kita nggak curi ayam kok.

 

APA BRANDING ANDA TERHADAP DIRI ANDA SENDIRI?

Amazing Grace by John Newton

 

ADAKAH KEINGINAN PULANG KE INDONESIA DAN BEKERJA DI INDONESIA?

Indonesia adalah love and hate relationship. Love.. karena saya bangga sebagai orang Indonesia. Hate… karena perspektif nasionalisme seringkali dibatasi oleh saya sendiri dan banyak teman2x di Indonesia. Sampai saya sadar bahwa tidaklah menjadi masalah untuk tinggal di manapun, negara manapun, bila berbicara mengenai kesempatan, petualangan dan pengalaman. Mungkin Shanghai, Berlin, Afrika Selatan dan Dubai adalah kesempatan emas. Saya sendiri belum juga menemukan kesempatan paling tepat di Indonesia.

Henricus Kusbiantoro, Ardian Elkana (tampak punggung), Hanny Kardinata dan Hermawan Tanzil di Museum Nasional dalam acara yang diselenggarakan FDGI (Forum Desain Grafis Indonesia) menyambut kedatangan Henricus Kusbiantoro tahun … ke Indonesia.

Henricus Kusbiantoro, Ardian Elkana (tampak punggung), Hanny Kardinata dan Hermawan Tanzil di Museum Nasional dalam acara yang diselenggarakan FDGI (Forum Desain Grafis Indonesia) menyambut kedatangan Henricus Kusbiantoro tahun … ke Indonesia.

 

KALO SEANDAINYA MAS DITAKDIRKAN SEBAGAI PEGAWAI PEMDA DI KANTOR KELURAHAN, APA YANG BAKAL MAS LAKUKAN UNTUK TETAP KREATIF?

Bila ditakdirkan sebagai pemda, tentu saja saya bukan orang yang tergolong kreatif tetapi hiper kreatif! Masuk kantor telat plus ngopi dan baca koran dulu saja masih bisa survive. Pasti kreatif.

Banyak desain kampanye yang bisa dilakukan pegawai pemda dari penyuluhan “dampak menikah muda” sampai dengan larangan ber-poligami.

 

PESAN UNTUK MAHASISWA INDONESIA, APA SESUNGGUHNYA BEKAL YANG PERLU DIBAWA UNTUK MENJADI DESAINER GRAFIS SEJATI DISAMPING KEAHLIAN TEKNIS?

Pekerjaan desain yang ada di hadapan anda sekarang adalah kesempatan terbaik yang bisa dimiliki! Jangan pandang remeh dengan pekerjaan kecil sekalipun. Beri yang terbaik! Kesempatan demi kesempatan itulah yang akan mendewasakan kita menjadi desainer grafis yang baik. Jangan sia-siakan.


Henricus Kusbiantoro MFA

Saat ini bekerja sebagai senior art director di Landor Headquarter Brand Consultant San Francisco dan pengajar di program master desain grafis Academy of Art University. Henricus yang juga alumnus Wolff Olins Brand Consultant New York (2002-06) memulai karier desain grafis di LeBoYe Jakarta (1996) sebelum akhirnya hijrah ke New York dan bekerja di biro legendaris Pushpin Studio dan Chermayeff Geismar New York. Jebolan desain grafis ITB Bandung dan Pratt Institute New York kini menetap di San Francisco bersama Yuliana dan Theo.

Quoted

“Keberhasilan merancang logo banyak dikaitkan sebagai misteri, intuisi, bakat alami, “hoki” bahkan wangsit hingga fengshui. Tetapi saya pribadi percaya campur tangan Tuhan dalam pekerjaan tangan kita sebagai desainer adalah misteri yang layak menjadi renungan.”

Henricus Kusbiantoro