Home > Read > News >
ADIWARNA 2015: ARTipelago

ARTipelago00

 

Menyambut masuknya pasar bebas ASEAN, pertumbuhan ekonomi kota Surabaya semakin pesat setiap tahunnya. Hal itu juga diiringi dengan kebutuhan jasa desainer yang tinggi demi meningkatkan geliat bisnis Surabaya, namun pada kenyataannya para desainer Surabaya kurang dilirik bahkan dipandang sebelah mata oleh pebisnis dan warga Surabaya. Padahal kualitas para desainer Surabaya sebenarnya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Setelah melalui proses belajar sebagai seorang desainer komunikasi visual, maka mahasiswa sampailah pada tahap tugas akhir. Tugas akhir merupakan cerminan dari proses belajar yang sudah dilaksanakan mahasiswa selama 4 tahun dan diharapkan mahasiswa dapat menghasilkan desain akhir yang terbaik dan mampu membawa dampak positif bagi masyarakat di sekitarnya. Tahap akhir ini menjadi sebuah momen penting bagi mahasiswa sebelum terjun ke masyarakat. Oleh sebab itu, mereka membutuhkan sebuah “wadah” yang dapat memperkenalkan hasil desain mereka kepada masyarakat luas berupa pameran karya Tugas Akhir.

ADIWARNA 2015 yang diselenggarakan oleh mahasiswa DKV UK Petra, Surabaya, ini ingin menjadi sebuah ajang dan batu loncatan bagi seluruh desainer khususnya Surabaya untuk berjaya mendapat tempat di kotanya sendiri, sekaligus menyadarkan warga dan pebisnis Surabaya akan eksistensi dan kualitas desainer Surabaya. Desainer Surabaya harus mampu membawa dirinya agar setara dengan pekerjaan lain, sama pentingnya dan tidak diperlakukan dengan seenaknya.

ADIWARNA 2015 kali ini mengangkat sebuah tema, yaitu “ARTipelago” yang berasal dari kata “art” dan “archipelago” di mana latar belakang dari tema ini adalah bahwa Surabaya merupakan salah satu kota yang memiliki potensi yang sama dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia, terutama dalam hal perkembangan desain.

Dengan adanya acara ini, diharapkan bisa mengubah pandangan industri kreatif dan masyarakat mengenai kota Surabaya dan kreativitas para desainer di dalamnya sehingga lebih dihargai dan dipandang sebagai salah satu kota yang memiliki kreativitas. Selain itu juga untuk menunjukkan eksistensi para desainer komunikasi visual di Surabaya bahwa para insan kreatif Surabaya juga bisa menghasilkan suatu karya yang tidak kalah bagus dengan desainer dari kota lainnya bahkan negara lain.

Dengan tema “ARTipelago” yang diangkat oleh ADIWARNA 2015 acara ini ingin membuktikan bahwa desainer Surabaya hendak menunjukkan kepada dunia bahwa mereka suatu kesatuan yang kuat dan bisa membawa nama kota Surabaya lebih baik lagi di dunia kreatif. ARTipelago merupakan wilayah juang para desainer Surabaya yang memiliki banyak kepulauan, di mana pulau-pulau tersebut merupakan bidang-bidang desain seperti Advertising, Photography, Branding, dan lain-lain. Semua kepulauan tersebut bersatu dan saling mendukung satu sama lain untuk membentuk kepulauan “art” yang kuat.

 


 

ADIWARNA 2015

7-9 Agustus 2015
Grand City Mall Surabaya

Informasi seminar dan lokakarya: http://bit.ly/1IC0xiN
 


adiwarna.petra.ac.id | facebook | instagram

Quoted

Sekolah membuat desainer menjadi pintar, bekerja membuat desainer menjadi paham, pengalaman panjang membuat desainer menjadi arif

Danton Sihombing