Home > Read > News >
Kabar Duka: Telah Berpulang, Irvan A. Noeman

Duka cita yang mendalam atas kepergian Bapak Irvan A. Noe’man.

Irvan Noe’man lahir di kota Bandung dan belajar desain Arsitektur Interior di ITB dan melanjutkan Program Master of Industrial Design di Rhode Island School of Design di Providence, Amerika Serikat hingga 1985. Beliau merupakan anggota profesi ADGI, ADPI, dan HDII no.265-DKI.

Irvan Noe'man

Irvan Noe’man

Pada 1989, almarhum mendirikan perusahaan BD+A Design yang mengkhususkan diri pada Brand & Corporate Identity, dengan jasa layanan meliputi implementasi multi disiplin desain grafis, desain Produk, House Style dan e-Media. Pada 1995 sampai dengan 1998, BD+A Design pernah berafiliasi dengan EURO RSCG Design, perusahaan desain terkemuka dari Perancis. Sejak 1999, BD+A memprakarsai Kolaboratif Konsultan Desain, dengan membentuk aliansi konsultan desain dengan 12 negara Asia dan Timur Tengah, The Design Alliance™.

Pada periode 1994–1997, beliau menjadi Ketua Jurusan Desain di Institut Kesenian Jakarta.

Mulai tahun 1996, almarhum aktif menggagas FGDforum, yakni suatu forum yang menyebarkan pengetahuan mengenai industri grafika. Forum ini dikenal sebagai penyelenggara FGDexpo. Pada penyelenggaraan pameran ke-3, beliau bertanggung jawab sebagai Ketua Umum FGDexpo2007.

Beliau juga pernah menjadi pembicara pada Forum Congress ICOGRADA di Nagoya Jepang pada Oktober 2003 dan pada bulan November memberikan Design Workshop di Tung Fang Institute Kaohsiung Taiwan. Dari kerja kerasnya, beliau telah dianugerahi beragam penghargaan, antara lain dari Gaikindo, How Design, Apple, IdN, serta Citra Pariwara. Mulai pertengahan tahun 2006, membantu Departemen Perdagangan, untuk penyusunan konsep IDP (INDONESIA DESIGN POWER) 2006–2010, yakni suatu program yang sinambung dengan kekuatan desain untuk turut menggerakkan roda ekonomi bangsa.

 

Selamat jalan, Bapak Irvan Noe’man. Beristirahat dalam damai.

Quoted

“Keberhasilan merancang logo banyak dikaitkan sebagai misteri, intuisi, bakat alami, “hoki” bahkan wangsit hingga fengshui. Tetapi saya pribadi percaya campur tangan Tuhan dalam pekerjaan tangan kita sebagai desainer adalah misteri yang layak menjadi renungan.”

Henricus Kusbiantoro