Home > Read > News >
Ketika Tipografi Bukan Lagi Hanya Sekadar Huruf

DGI bersama Nikko Purnama membawa buah tangan berupa karya terbaik TUAI IGDA 2010 ke Universitas Multimedia Nusantara Tangerang pada 20 Mei 2015 lalu. Karya berwujud buku dengan judul “Kamus Visual Tipografi” tersebut berhasil menarik minat 100 orang mahasiswa UMN yang menghadiri seminar dan peluncuran buku yang bertajuk “Tipografi Lebih dari Sekedar Huruf”.

Setelah acara dibuka dengan pengenalan dari Desain Grafis Indonesia, Nikko Purnama mengisi rangkaian kegiatan hari itu. Nikko Purnama merupakan dosen tipografi di Indonesia Design School, Project Manager di Designcub3, dan founder dari akun Instagram @thedailytype yang telah diikuti oleh ribuan pengguna.

Kecintaannya terhadap huruf dan kesadarannya akan banyaknya mahasiswa desainer grafis yang kurang begitu mengenal huruf membawa Nikko dalam Kamus Visual Tipografi. Buku inilah yang kemudian menghantarnya menamatkan pendidikan S1 di Desain Komunikasi Visual, Universitas Pelita Harapan. Peraih penghargaan karya terbaik pada TUAI Indonesian Graphic Design Award 2010 ini kini tengah melanjutkan pascasarjananya di Institut Kesenian Jakarta.

Lewat “Kamus Visual Tipografi” dijelaskan secara gamblang tentang bentuk-bentuk, sifat, dan istilah-istilah dalam huruf maupun tipografi secara menyeluruh. Nikko mengemasnya dengan amat baik, dengan menggunakan bahasa Indonesia yang mudah dipahami dan melalui visual/gambar hingga dapat memudahkan para pembaca dalam memahami istilah-istilah yang ada.

 

1

2

3

4

Sekarang, buku tersebut sudah dirilis secara nasional melalui DGI Store dan dapat menambah koleksi perbendaharaan buku referensi mahasiswa desainer grafis Indonesia, khususnya mereka yang ingin memperdalam tentang tipografi.***

 


Naskah: Janice Angelica Liando, Elvenza Natasha
Dokumentasi: Benedictus Christian Ivan

Masterpiece Magazine adalah majalah kreatif visual yang berbicara mengenai dunia kreatif visual, pekerja kreatif visual dan kehidupannya. Sebagai official media communication of Faculty of Art and Design UMN yang dirintis dan diawaki oleh beberapa mahasiswa dari Universitas Multimedia Nusantara, Masterpiece mencoba mengibarkan bendera untuk mengarungi samudera kreativitas yang mahaluas.

Quoted

“Seorang desainer harus memiliki keberpihakan pada konteks membangun manusia Indonesia. Peka, tanggap, berwawasan, komunikatif adalah modal menjadikan desainnya sebagai alat perubahan”

Arif 'Ayib' Budiman