Home > Read > News >
Meet the Curator: Eric Baker

Eric-Baker

Memperkenalkan kurator pertama COLLECTED: Eric Baker.

Kurator kita yang berbasis di New York ini adalah seorang desainer, penulis, pendidik, dan Kepala Studio Eric Baker Design Associates, Inc., sebuah firma desain berbasis di New York yang telah berdiri sejak 1986. Kelahiran California ini telah menempuh studinya di San Fransisco Academy of Art dan California College of Arts and Crafts.

Sepanjang 20 tahun terakhir, Eric telah menjadi Profesor di School of Visual Arts Manhattan dan mengajar mata kuliah Sejarah Desain Grafis, Tipografi, dan Branding. Eric juga menjadi Profesor Desain di SUNY (State University of New York), Purchase.

Pada 2010, Eric menulis buku terbarunya, American Trademarks, A Compendium yang diterbitkan oleh Chronicle Books of San Fransisco. Selain itu, ia juga menulis Great Inventions/Good Intentions, An Illustrated History of American Design Patents and Hitting The Road, dan The Art of The American Road Map. Bukunya yang lain, Invitation to The Voyage – A Poem Illustrated by Charles Baudelaire telah diterbitkan oleh Bulfinch Press dan You’re The Top oleh Simon & Schuster Editions. Eric juga terlibat sebagai ko-penulis dari buku Trademarks of the 20’s & 30’s dan Trademarks of the 40’s & 50’s.

Karya-karyanya telah muncul di Print, Communication Arts, How, Domus, ID Magazine, Metropolis, Blueprint, The New York Art Directors Annual, British Design and Art Direction, The New York Times, Vanity Fair, dan Graphis. Selama lebih dari enam tahun, Mr. Baker juga menjabat sebagai Design Director dari majalah mingguan, The New Republic.

Baker juga pendiri, kepala, dan kurator Lost Image Desk, sebuah wadah riset visual bagi para desainer, arsitek, dan pengarah artistik.

Anggota aktif The American Institute of Graphic Arts (AIGA) ini memiliki pengalaman panjang sebagai juri dalam berbagai kompetisi desain dan pembicara dalam berbagai konferensi tingkat nasional dan internasional serta di berbagai institusi desain. Pada 2014, Eric Baker menjadi salah satu pembicara utama dalam ulang tahun ke-100 AIGA.

Atas perjalanan karya-karya desain independennya, Eric menerima anugerah National Endowment for the Arts Design Grant sebanyak 2 kali. Pada 2014, ia dianugerahi gelar Honorary Doctorate dari Academy of Art University, San Fransisco, atas kontribusinya bagi desain dan pendidikan.

 

Sejumlah Logo oleh Eric Baker

Sejumlah Logo rancangan Eric Baker

TheNation

EricBaker-LatinLove

EricBaker-ArtOfComedy

EricBaker-StartUp

EricBaker-Borgo

EricBaker-214

EricBaker-bluesmoke-PACKAGES

EricBaker-BlueSmokeJazz-01

EricBaker-BlueSmokeJazz-02

EricBaker-BlueSmokeJazz-03

EricBaker-BlueSmokeJazz-04

EricBaker-Absolute

EricBaker-TradeMarksCover

 

Eric Baker Design

 


 

COLLECTED merupakan proyek buku kolaborasi Desain Grafis Indonesia bersama Corse Design Factory yang akan menjadi sebuah kompilasi profil para desainer grafis kontemporer Indonesia, baik yang bekerja di dalam maupun luar negeri. COLLECTED merupakan satu langkah dalam perjalanan menemukan jati diri desain(er) grafis Indonesia.

Submisi karya Anda ke submission@dgi.or.id
Syarat dan ketentuan submisi: COLLECTED: Call for Submissions

Quoted

“Keberhasilan merancang logo banyak dikaitkan sebagai misteri, intuisi, bakat alami, “hoki” bahkan wangsit hingga fengshui. Tetapi saya pribadi percaya campur tangan Tuhan dalam pekerjaan tangan kita sebagai desainer adalah misteri yang layak menjadi renungan.”

Henricus Kusbiantoro