Home > Read > News >
Meet the Curator: Gauri Nasution

GauriNasution-Profil

Satu lagi perancang grafis senior Indonesia yang akan mengurasi karya-karya dalam COLLECTED: Gauri Nasution.

Gitaris band Gypsy yang ngetop di era 70-an ini merupakan lulusan Seni Rupa Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta (LPKJ—sekarang Institut Kesenian Jakarta (IKJ)) dan Commercial Art di Art Instruction Schools, New York, USA. Kariernya di dunia desain grafis Indonesia dimulai sejak 1980 dengan mendirikan studio GUA Graphis yang berfokus pada desain grafis, promosi, dan komunikasi. Bersama Hanny Kardinata dan Didit Chris, Gauri Nasution berpameran dalam Pameran Grafis ’80, yang menjadi salah satu pameran mula-mula yang memperkenalkan desain grafis ke khalayak. Ia juga merupakan salah satu pendiri IPGI (Ikatan Perancang Grafis Indonesia—kini ADGI) yang memiliki misi untuk memasyarakatkan profesi desain grafis pada publik.

Desainer yang pernah berguru langsung pada Milton Glaser pada 1989 di Summer Course School of Visual Art, New York, kini dipercayakan sebagai salah satu Dewan Penasihat ADGI. Sebelumnya, pada 1990 hingga 1994, Gauri Nasution menjadi anggota American Institute of Graphic Arts (AIGA), Amerika Serikat, sebuah organisasi nirlaba yang bergerak dalam pengembangan desain dan desainer grafis khususnya di Amerika.

Gauri Nasution telah mengikuti sejumlah pameran desain grafis, antara lain: bersama Hanny Kardinata dan Didit Chris, di Eramus Huis Jakarta tahun 1980; Pameran Desain Grafis bersama Ikatan Perancang Grafis Indonesia (IPGI) di Jakarta pada tahun 1982; dan pameran Desain Grafis bersama Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) dan Asosiasi Desainer Grafis Jepang (JAGDA) pada tahun 1987.

Managing Director PT Indobiz Citra Promosindo ini pernah memperoleh penghargaan dari Interecho Press, Belgia, atas karya logonya yang dimasukkan dalam koleksi International Trademark Center.

 

Sampul Album "Di Batas Angan-Angan"

Sampul Album “Di Batas Angan-Angan”

PortfolioGauriNasution.II-page-003

PortfolioGauriNasution.II-page-004

PortfolioGauriNasution.II-page-011

PortfolioGauriNasution.II-page-012

PortfolioGauriNasution.II-page-014

PortfolioGauriNasution.II-page-015

PortfolioGauriNasution.II-page-018

PortfolioGauriNasution.II-page-019

 


 

COLLECTED merupakan proyek buku kolaborasi Desain Grafis Indonesia bersama Corse Design Factory yang akan menjadi sebuah kompilasi profil para desainer grafis kontemporer Indonesia, baik yang bekerja di dalam maupun luar negeri. COLLECTED merupakan satu langkah dalam perjalanan menemukan jati diri desain(er) grafis Indonesia.

Submisi karya Anda ke submission@dgi.or.id
Syarat dan ketentuan submisi: COLLECTED: Call for Submissions

Quoted

“Seorang desainer harus memiliki keberpihakan pada konteks membangun manusia Indonesia. Peka, tanggap, berwawasan, komunikatif adalah modal menjadikan desainnya sebagai alat perubahan”

Arif 'Ayib' Budiman