Menggairahkan Pertumbuhan Adgi Secara Nasional

PROGRAM LOKOMOTIF ADGI 2007-2010

Oleh: Danton Sihombing, MFA / Ketua Umum Adgi 2007-2010

Visi bicara uang, semakin besar visi yang kita canangkan semakin besar uang yang kita butuhkan. Dengan skema Program Lokomotif Adgi 2007-2010, diharapkan terbangun kerjasama yang baik dengan pihak ke tiga dalam membangun business model yang dapat menguntungkan bagi ke dua belah pihak. Adgi memerlukan peningkatan modal finansial, untuk itu diperlukan lebih dari satu sumber pendapatan untuk mendanai berbagai program yang mana kini tidak dapat lagi hanya bergantung kepada 1 kantong pendapatan membership fee saja.

Dengan memunculkan 3 sumber pendapatan yang baru akan memberikan dampak positif terhadap keringanan beban membership fee. Sebelumnya membership fee untuk kategori profesional sebesar Rp. 900.000,- per tahun ditambah dengan biaya administrasi sebesar Rp. 50.000,- kini menjadi Rp. 450.000,- per tahun ditambah dengan biaya administrasi sebesar Rp. 50.000,- Sedangkan untuk kategori mahasiswa menjadi Rp. 250.000,- per tahun ditambah dengan biaya administrasi sebesar Rp. 50.000,-. Penetapan membership fee baru ini akan berlaku per 1 Juni 2007 bagi seluruh Adgi Chapters di seluruh Indonesia. Sedangkan kategori korporasi akan diredefinisikan hingga 1 tahun ke depan.

Peringanan beban membership fee ini secara drastis ditujukan untuk meningkatkan volume anggota Adgi di seluruh Indonesia. Dengan meningkatnya volume anggota maka akan lebih mudah bagi Adgi untuk melakukan deal dengan pihak-pihak ke tiga. Saat ini berdasarkan data yang ada Adgi memiliki minimum 150 captive audience untuk kategori profesional dan mahasiswa. Berdasarkan perhitungan konservatif hingga tahun 2010 diharapkan jumlah anggota Adgi dapat mencapai angka 300 hingga 500 anggota.

Program-program yang akan dibangun dalam agenda Program Lokomotif Adgi 2007-2010 terbagi menjadi 3 basis utama, yaitu program-program upstream, midstream dan downstream. Pembiayaan terbesar berada dalam pos analisa industri (upstream), mengingat pelaksana analisa ini harus dilakukan oleh konsultan yang berpengalaman.

Tujuan analisa industri ini untuk memberikan gambaran yang jelas secara kualitatif dan kuantitatif terhadap dinamika industri Desain Grafis di Indonesia, tercakup di dalamnya seperti statistik industri, karakteristik pasar, segmentasi, kondisi industri, faktor sensitif industri hingga faktor sukses industri yang kesemuanya kelak dapat dijadikan sebagai acuan dalam membangun regulasi-regulasi yang berkaitan dengan industri Desain Grafis di Indonesia.

Bila meninjau jumlah sisi mahasiswa yang belajar di jurusan Desain Komunikasi Visual, biro Desain Grafis di Indonesia dan biro desain/branding kepemilikan asing di Indonesia yang pertumbuhannya meningkat setiap tahun, maka idealnya analisa industri ini dilaksanakan paling tidak dalam kurun waktu 3 tahun sekali.

Guna mengoptimalkan program-program yang dapat meningkatkan sisi finansial Adgi maka ditugaskan Irvan N. Suryanto sebagai Direktur Pengembangan Program Adgi 2007-2010. Peran besar dari Direktur Pengembangan Program Adgi 2007-2010 adalah membangun dan mengimplementasikan program-program kategori midstream dan downstream dalam rangka merangkul dua tujuan sekaligus, yaitu untuk meningkatkan modal finansial Adgi dan memberikan benefit kepada para anggota Adgi. Sedangkan untuk program kategori upstream Irvan akan membentuk gugus tugas khusus yang dikonsentrasikan sebagai pendamping konsultan dalam melaksanakan analisa industri.

Fungsi nasional Adgi akan dilaksanakan dengan sesungguhnya lewat pemberdayaan chapters di seluruh Indonesia, yang saat ini terdiri dari Adgi-Jakarta-chapter, Surabaya-chapter, Bali-chapter, Bandung-chapter (dalam pembentukan) dan Jogjakarta-chapter (dalam pembentukan). Untuk mempergiat aktivitas chapters diharapkan para Ketua Adgi-chapters untuk proaktif dalam melaksanakan program dan berlomba kreativitas dalam menciptakan program-program terutama untuk kategori downstream.

Semoga apa yang sudah kita capai bersama hari ini mendorong pencapaian yang lebih besar di hari esok, dan memberikan manfaat yang juga besar buat kita semua. Harapan kita semua agar Program Lokomotif Adgi 2007-2010 dapat berjalan dengan baik. Optimis, mari kita bangun bersama Adgi kita! Salam.

Adgi Lokomotif Program

Quoted

Makin banyak manfaat, makin sedikit dampak, makin baiklah desain itu

Arief Adityawan S.