Home > Read > News >
Menulis di DGI

160211-MenulisuntukKami-01


Menulis di dgi.or.id

Sejarah desain grafis dunia mencatat: lompatan-lompatan penciptaan dan aliran serta gaya desain grafis yang memberi pengaruh dapat terwujud oleh karena kemunculan gagasan yang disebarkan dan diperdebatkan.

Desain Grafis Indonesia percaya bahwa desain grafis Indonesia juga hanya dapat berkembang apabila didukung pula oleh semangat pencatatan dan pendistribusian informasi, serta diperkaya dengan iklim kritis dan terbuka di antara sesama desainer grafis dalam persinggungannya dengan bidang lain di masyarakat.

Karenanya, redaksi dgi.or.id mengundang Anda (praktisi, pelajar, pengamat, maupun peminat grafis maupun bidang lain) untuk menulis untuk DGI dan membagikan amatan, pandangan, dan gagasan Anda.

 

Ketentuan

1. Redaksi menerima tulisan dalam bentuk .doc, .docx, atau .rtf sebanyak 500-1500 kata
2. Tulisan dikirim melalui surel mail@dgi.or.id.
3. Redaksi menerima berbagai bentuk tulisan yang sesuai dengan kriteria rubrik, selama bukan merupakan karya plagiat maupun mengandung unsur diskriminatif.
4. Tulisan diharapkan dapat memiliki analisa dan alur yang baik guna mengembangkan budaya berpikir kritis di antara desainer.
5. Tulisan diutamakan ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, namun redaksi menerima pula hasil wawancara dalam bahasa Inggris dengan tokoh-tokoh internasional.
6. Setiap tulisan yang masuk akan disunting dan diberikan tanggapan oleh redaksi untuk kemudian didiskusikan bersama penulis sebelum diterbitkan.

 


 

Rubrik

Situs dgi.or.id memiliki 3 kepala rubrik: Read, In Depth, dan Inspiration dengan gaya artikel masing-masing.

Read
News memuat liputan acara desain dan kegiatan kreatif lain, seperti pameran, seminar, lokakarya, diskusi, dan sebagainya.
Perspective memuat tulisan opini
Observation memuat tulisan berupa amatan akan suatu fenomena
Journal memuat tulisan perjalanan maupun mengenai praktik kreatif di suatu lokasi tertentu
Print memuat tulisan yang berkaitan dengan teknik cetak/grafika

In Depth
Critique memuat tulisan mendalam mengenai suatu peristiwa, fenomena, maupun karya dengan menyertakan rujukan, sumber literasi, dan data yang valid.
History memuat tulisan mengenai sejarah, baik desain grafis maupun bidang kreatif yang terkait.

Inspiration
Case Study memuat pembahasan suatu karya desainer/seniman/kelompok kreatif.
Interview memuat wawancara dengan tokoh kreatif
Review memuat ulasan atas produk inspiratif, seperti buku, produk, film, maupun musik yang terkait dengan desain grafis.

 


 

Apresiasi

Kami memahami bahwa menulis bukan pekerjaan mudah yang membutuhkan waktu dan tenaga serta dedikasi yang tak sedikit. Sebagai lembaga swadaya dan swadana, untuk saat ini kami belum dapat memberikan apresiasi berupa honorarium kepada penulis. Dana yang kami miliki baru cukup untuk membiayai operasional sehari-hari yang sebagiannya disisihkan untuk tabungan Museum DGI. Tulisan-tulisan yang selama ini ada di DGI juga dikerjakan dengan sukarela.

Dengan menulis di DGI, Anda telah ambil bagian dari pencatatan serta sejarah desain grafis Indonesia yang kami jangkau melalui media daring: situs (4.000+ subscribers), Facebook (225.000+ fans), Twitter (4.400+ pengikut), dan Instagram (8.000+ pengikut).

Mari terus menjadi bagian dari perjalanan desain grafis Indonesia.

 

Kirim tulisan: mail@dgi.or.id

Quoted

Limitations and distractions are hidden blessings

Nigel Sielegar