Home > Read > News >
News: Lomba Desain Cover Album Siaga Bencana

News Lomba Desain Cover Album Siaga Bencana

Bencana bisa terjadi di mana saja. Apalagi di Indonesia, negara yang dilalui oleh 3 lempeng aktif dunia, yaitu Eurasia, Australia, dan Pasifik. Jadi, bencana seperti gempa bumi dan tsunami sangat mungkin terjadi di negeri kita ini. Belum lagi, Indonesia mempunyai banyak sekali gunung berapi yang masih aktif. Itu masih ditambah dengan aktivitas manusia yang juga bisa menimbulkan bencana, seperti pembakaran dan penebangan hutan secara liar, pengeboran minyak bumi di dasar laut, pembuangan limbah dan sampah secara sembarangan, dll.

Kita tidak perlu takut dengan bencana, tapi kita harus mewaspadainya. Kalau kita mengerti, kita gak akan takut lagi kan? Makanya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Electrified Records merilis Album Kompilasi Siaga Bencana. Album kompilasi ini melibatkan musisi-musisi ciamik seperti Franky Sahilatua, NAIF, Samsons, NEtral, Mocca, White Shoes and The Couples Company, Saint Loco, Efek Rumah Kaca, Navicula, The Upstairs, 70’s Orgasm Club, Buset, Ronaldisko, dan MGM. Mereka semua ikut menunjukkan kepedulian mereka akan alam.

Kamu juga bisa ikut menunjukkan kepedulian kamu lho! Ikut aja Lomba Desain Cover CD Album Kompilasi Siaga Bencana. Ketentuannya:
1. Tema cover CD adalah “Selamatkan Bumi, Juga Nyawa.”
2. Karya harus orisinil/asli dan bukan ciptaan orang lain
3. Karya harus menyertai informasi kesiapsiagaan mengantisipasi bencana secara kreatif, inovatif, dan informatif
4. Hasil karya belum pernah diikutsertakan lomba sejenisnya dan belum pernah dipublikasikan
5. Desain tidak menyinggung SARA
6. Lomba terbuka untuk mahasiswa, pelajar, dan umum, kecuali anggota Panitia lomba dan Dewan Juri lomba
7. Peserta lomba tidak dipungut biaya pendaftaran
8. Peserta melampirkan identitas diri (nama lengkap, alamat rumah, nomor telepon/handphone) dan fotokopi KTP/Kartu Tanda Mahasiswa/Kartu Pelajar
9. Setiap karya lomba harus mengacu pada tema “Selamatkan Bumi, Juga Nyawa” yang mengingatkan, menggugah dan mengajak orang untuk peduli dan siap siaga menghadapi bencana
10. Calon pemenang akan dikonfirmasi keaslian karyanya dengan menunjukkan file digital asli format PSD/AI/CDR/dll yang dikirimkan dalam bentuk CD
11. Panitia tidak bertanggung jawab bila ada tuntutan hukum dari pihak lain atas karya yang dikirimkan
12. Peserta dapat mengirimkan karya lomba maksimal dua (2) buah karya
13. Panitia penyelenggara dan dewan juri tidak melayani surat menyurat dalam kaitan dengan lomba ini. Info lebih lanjut silahkan menghubungi sekretariat lomba desain cover CD
14. Keputusan dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
15. Karya lomba sudah harus diterima paling lambat 15 Juli 2008

Karya lomba dimasukkan ke dalam amplop dengan tulisan Lomba desain Cover CD Album Kompilasi Siaga Bencana di sudut kiri atas amplop. Pengiriman karya lomba via pos atau diantar langsung ke:

Panitia Lomba Desain Cover CD Album Kompilasi Siaga Bencana
Gd. Goremap LIPI lt. 1
Jl. Raden Saleh no. 43
Cikini, Jakarta Pusat
Telp/Fax: (021) 390 1214

Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
Iriel: 0813 896 80400
Rio: 0815 196 42780
Dito: 0811 861 384
Shusi: 0856 8927 071

Silahkan kunjungi situs Science in Music untuk download Entry Kit lomba.


Apa sih album kompilasi siaga bencana itu?

Suatu bentuk Gerakan Siaga Bencana Nasional, dan bentuk kepedulian para musisi di blatika musik Indonesia mempersembahkan untuk Indonesia “Album Kompilasi Siaga Bencana, pertama kalinya di Indonesia yang melibatkan musisi yang peduli akan bencana dan alam. Dimotori oleh LIPI dan PT. NAIF CIPTA KREATIF bersama 14 Musisi Indonesia diantaranya adalah Naif, Netral, Samsons, Franky Sahilatua, Mocca, White Shoes and The Couples Company, Saint loco, Efek Rumah Kaca, Navicula, The upstairs, 70’s Orgasm Club, Buset , Ronald Disko, dan MGM. Pekerja seni, dalam hal ini musisi, adalah komunitas yang diharapkan dapat turut ambil bagian dan berperan sebagai agen leverage (penular) yang paling efektif dan bersifat massal.

Musisi mempunyai kemampuan untuk menterjemahkan ‘bahasa’ ilmu pengetahuan yang rumit dimengerti menjadi sederhana dan mudah diterima oleh masyarakat awam. Bentuk karya melaui musik dan lagu memberikan pesan kepedulian untuk masyarakat dari kalangan manapun untuk peduli dengan lingkungan sekitar. Dan memepelajari bencana menjadi pelajaran yang menyenangkan, bukan untuk ditakuti, melainkan untuk dipelajari dan dijadikan keterampilan hidup sehari-hari.

Tujuan dari program kompilasi album ini adalah meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana alam, terutama di kawasan pesisir, melalui musik dan lagu yang dibawakan oleh musisi yang tergerak secara sukarela yang menggabungkan diri dalam program kompilasi album ini.

Sumber: Siaga Bencana.

Quoted

Limitations and distractions are hidden blessings

Nigel Sielegar