Jessica Diana Kartika

Jessica Diana Kartika merupakan seorang konsultan desain komunikasi visual yang mengkhususkan diri dalam menggabungkan desain komunikasi visual yang modern dengan Feng Shui, terutama dalam mendesain logo. Selain itu, Jessica Diana Kartika juga merupakan pendiri dan pemilik perusahaan Feng Shui Untuk Logo, yang bergerak dalam bidang desain logo perusahaan menggunakan konsep Feng Shui dan merupakan pelopor pertama dan satu-satunya di Indonesia yang memadukan ilmu desain dengan Feng Shui

Jessica lahir dan dibesarkan di Semarang. Setelah lulus kuliah di Universitas Kristen PETRA, Surabaya pada tahun 2009, Jessica mulai mendirikan usaha desain yang berkonsep Feng shui hingga berkembang sampai sekarang yang sudah memiliki klien nasional hingga internasional, yakni Konsultan Feng Shui Untuk Logo. Biro tersebut mengkhususkan diri dalam menggabungkan desain komunikasi visual yang modern dengan Feng Shui dalam penerapan konsep dan desain logo. Kompetensi di bidang desain telah dibuktikan dengan memenangkan berbagai kompetisi desain secara nasional maupun Internasional.Berbagai karyanya juga telah mendapatkan apresiasi dan digunakan oleh berbagai perusahaan baik nasional maupun internasional.

Bersama dengan Mas Dian, MRE yang merupakan pakar Feng Shui terkemuka di Indonesia, Jessica membahas penerapan Feng Shui Untuk Logo dalam buku yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo yang merupakan buku pertama dan satu-satunya yang membahas fengshui untuk logo di Indonesia.

 


EDUKASI

2005–2009
Desain Komunikasi Visual di Universitas Kristen Petra, Surabaya

 


PENGHARGAAN

2012
Pemenang Wirausaha Muda Mandiri—Bank Mandiri
Terinovatif dan Teredukatif kategori Alumni
Wirausaha Muda Mandiri diikuti 3.751 peserta dari 385 perguruan tinggi.
Diselenggarakan oleh Bank Mandiri. tanggal 18-22 Januari 2012
di Assembly Hall Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta

2010
3rd Outstanding Winners Furoshiki International Design
Tokyo, Japan (Japan Foundation)
Terpilih sebagai karya ketiga kontes desain Internasional Furoshiki dan menjadi satu-satunya pemenang yang berasal dari Indonesia dengan karya yang berjudul “Japanese/Javanese”.
Di Indonesia, pameran dan workshop Furoshiki diadakan di Japan Foundation, Gedung Summitmas, Jakarta pada 9 Juni–22 Juni 2010.

2009
– Pemenang Utama “1st Winners Lyto Game Heroes Festival
Work Hard Play With Heart
Dari 7 juta pemain game lyto di Indonesia dipilihlah sosok yang secara kontinuitas mempertahankan prestasinya dari tahun ke tahun (prestasi yang dipilih Jessica adalah kreativitas yang konsisten berprestasi setiap tahunnya). Lomba ini ditujukan untuk memotivasi dan menginspirasi gamers agar tidak mengisi hidup dengan bermain game saja, tetapi diimbangi dengan prestasi agar berguna bagi bangsa dan negara.
– Juara II Kompetisi Nasional desain T-shirt Ekaristi Dot Org
Pemenang kedua desain kaos ekaristi, yang diselenggarakan dalam rangka Ultah Ke-7
www.ekaristi.org

2008
National Favorite Winner Pack 2 U: Boenga Tjengkeh
Rebranding Desain Kemasan Rokok
Pemenang Favorit Nasional kompetisi desain kemasan Pack 2 U kategori desain kemasan rokok dengan karya berjudul Boenga Tjengkeh. Lomba ini diikuti mahasiswa kreatif yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

2007
Tim terbaik produksi film dokumenter Surabaya Heritage “Broederschool” mengangkat situs bersejarah yang berlokasi di Kota Pahlawan, Surabaya.

 


PAMERAN DAN PUBLIKASI

Pameran

2012
– Kadin Institute Jawa Timur
– Pameran P3DN kementian Perindustrian (Gramedia Expo Surabaya)
– Pameran Bank Mandiri, Main Hall JCC, Jakarta
– Pameran di Balai Kartini | Hello Fest 8 Anima Expo

2010
– Pameran karya `Japanese Javanese‘ Kota Seni FISIP UI
– Pameran dan Workshop | Japan Foundation, Gedung Summitmas, Jakarta

2009
– Pameran Tugas Akhir di Surabaya Town Square

2008
– Pameran 1001 Concept “Peyo”, Senayan City, Jakarta
– Pameran Destination Branding `Kediri Dalam Media: Sri Aji Jayabaya‘, Gedung Balai Kota Kediri
– Pameran Industri Pengemasan dan Percetakan Terbesar di Timur Indonesia (Print 2 pack Gramedia Expo), Jakarta Convention Center dan Gramedia Expo Surabaya.

Publikasi

2012
– Bali Post, 1 Maret 2012. Customer Gathering Mandiri Prioritas. Hal. 8.
– Majalah SWA, edisi XXVIII 16-29 Februari 2012. Hal. 70.
– Tabloid Saji, edisi 232 15-23 Februari 2012. Pakar Logo Bisnis Makanan Menurut Feng Shui. Hal. 4.
– Majalah TEMPO, edisi 30 Januari–5 Februari 2012, edisi Wira Usaha Muda Mandiri.
– Koran Kontan, 30 Januari 2012. Buat Logo Pakai Feng Shui, Jessica Kebanjiran Order. Hal. 13 dan 19.
– Koran JawaPos, 26 Januari 2012. Pameran Tiga Hari, Kantongi Rp 100 juta. Hal. 1.
– Koran Kompas, 22 Januari 2012. Rubrik Kosmologi (Kehidupan): Di Kafe Bicara Feng Shui. Hal. 13.

2010
– Koran Kompas, 17 Desember 2010. Creativity 4th Aniversary Kompas Muda Koran Kompas halaman B, Kompas Muda.

The Daily Jakarta Shimbun Newspaper: wawancara eksklusif yang dituangkan dalam artikel pada koran berbahasa Jepang di Indonesia.

 


PENGALAMAN LAIN

Narasumber dan Talkshow

2012
– Workshop Wirausaha Muda Mandiri | Bank Mandiri | Hotel Sheraton Yogyakarta
– “Sukses Penjualan Produk dengan Kemasan dan Logo yang Tepat” | UKMC Universitas Indonesia, Depok
– “Partner Bisnis Feng Shui untuk Logo” | Radio 105.1OJJ FM Surabaya
– Pembicara | Nasabah Bank Mandiri Prioritas: “Peruntungan Anda di tahun Naga Air di Sektor Bar dan Restoran”

2011
– Bedah buku Feng Shui untuk Logo, Mall Taman Anggrek, Jakarta
– Pembicara | Ulang Tahun DKV ISTTS, Surabaya
– Pembicara | Radio TRIJAYA FM
– Bedah buku Feng Shui untuk Logo, UK Petra, Surabaya

2010
– Wawancara eksklusif | Radio 105.1OJJ FM Surabaya
– Bedah buku Feng Shui untuk Logo, Gramedia Expo Surabaya
– Bedah buku Feng Shui untuk Logo, Trimedia Bookstore
– Bedah buku Feng Shui untuk Logo, Kampus B Gedung C FISIP UNAIR, Surabaya
– Creativity 4th Anniversary Kompas Aniversary Surabaya

Quoted

Sekolah membuat desainer menjadi pintar, bekerja membuat desainer menjadi paham, pengalaman panjang membuat desainer menjadi arif

Danton Sihombing