Henricus Kusbiantoro

Bukan sekedar tukang logo… ataupun juru masak Nasgor Babat. Merek tidaklah sekedar logo tetapi pencitraan menyeluruh. Kejujuran dan keunikan, dapat dipercaya sesuai janji merek. Merek bukanlah kontes keindahan tetapi selebrasi kepribadian.

Karya-karya logo dan merek—usaha bisnis lokal dari bisnis sarang burung di chinatown, Alumni SMA Aloysius Bandung hingga logo Desain Grafis Indonesia (DGI) sampai dengan logo (RED) Global AIDS Campaign untuk pemusik Bono U2, Samsung Beijing 2008, Hewlett Packard “Make it Matter”, Piala Dunia American Football yang digunakan hingga detik ini dan logo-logo internasional klien ‘Fortune 500 Companies’ lainnya… semuanya, hingga kini tidaklah lain bukanlah sebuah kebetulan ataupun kejayaan. Tiada lain campur tangan Tuhan dalam perjalanan hidup Henricus Kusbiantoro.

Dilahirkan di Bandung tahun 1973 dari keluarga sederhana, Henricus Kusbiantoro sempat mengenyam pendidikan dasar desain di Universitas Trisakti Jakarta (1992), sebelum akhirnya memutuskan menekuni bidang desain grafis di Seni Rupa Institut Teknologi Bandung di bawah bimbingan Prof. A.D. Pirous dan perancang grafis senior sekaligus kartunis politik Indonesia, Priyanto Sunarto.

Tiba di New York di tahun 1998. Setelah memperoleh beasiswa paruh dari ASIA Help (IIE Foundation) untuk meneruskan pendidikan desain grafis di Pratt Institute Brooklyn, Henricus mengikuti nasehat sahabat kuliah, Hwan Hyun Taik, untuk menekuni ilustrasi, desain grafis di bawah bimbingan Seymour Chwast dan Milton Glaser di Pushpin Studio — bekerja magang, sebagian besar di mesin foto kopi dan menyeduh kopi setiap pagi bagi Seymour.

Tawaran pekerjaan merancang logo berawal dari Tom Geismar untuk bekerja di firma Chermayeff & Geismar New York selama dua tahun, kemudian berlabuh di Konsultan Merek kontroversial asal Inggris, Wolff Olins, bersama pengarah kreatif Karl Heiselman dan Douglas Sellers untuk pertama kalinya di tahun 2003 memulai menggarap revitalisasi merek ter-mutakhir General Electric (GE) dibawah komando CEO Jeff Immelt. Petualangan dan kawah konsultan merek berlanjut di Landor San Francisco hingga Siegel+Gale New York.

Saat ini bekerja sebagai pengarah kreatif untuk Konsultan merek FutureBrand New York. Tidak pernah berhenti mencintai logo dan merek dan pencitraan dan usaha mempertahankan kejujuran, apa adanya sebuah merek. Tidak lupa… anugerah terbesar, berkumpul bersama istri tercinta dan keluarga, menyusun api bakar untuk berkemah dan melempar batu di danau bersama Theo.

 


EDUKASI

1998-2000
MFA | Pratt Institute, New York

1993-1997
BFA | ITB School of Art and Design, Bandung

1992
Design Foundation | Universitas Trisakti, Jakarta

 


PENGALAMAN PROFESIONAL DAN ORGANISASI

2012-sekarang
Pengarah Kreatif/Design Director | FutureBrand New York, The Interpublic Group

2010-2012
Pengarah Kreatif/Design Director | Siegel+Gale New York, Omnicom Group

2006-2010
Desainer Senior | Landor San Francisco, Young & Rubicam Group

2002-2004
Desainer Senior | Wolff Olins New York, Omnicom Group

1999-2002
Desainer | Chermayeff & Geismar, New York

1999
Internship | Pushpin Studio, New York

1996-1997
Internship, Desainer | LeBoYe, Jakarta

 


PENGHARGAAN

2013
REBRAND 100 Global Awards
Two Merit Awards (Corporate Identity) for: Aetna | HP “Make it Matter”

2012
– BMA-ACE Award 30th Annual 2012 | Gold Award for Aetna
– GRAPHIS Design Annual 2012 | Gold Award for Dickies

2010
– GRAPHIS Design Annual 2010 | Gold Award for NetApp
– GRAPHIS Branding 5 | Gold Award, Corporate Identity 2010

2009
– GRAPHIS Design Annual 2009 | Gold Award for First Graduate
– AIGA Cause / Affect 2009 | Bronze Award for First Graduate

2007
– D&AD London Branding Category 2007 | Merit Award for (RED) Global
– New York Art Director Club (ADC) | Merit Award 2007 for (RED) Global

AIGA 365 Design Year 30 | Branding Category

 


PAMERAN DAN PUBLIKASI

LOGO
by Michael Evamy
Laurence King Publishing (October 4, 2007)

GRAPHIS Design Annual 2012
Graphis Inc

GRAPHIS Design Annual 2010
Graphis Inc

GRAPHIS Branding 5
Graphis Inc

UNDERCONSIDERATION BrandNew / March 2010
A Ligature for Graphic Design in Indonesia

identityworks.com by Tony Spaeth
OPEN PATH probono identity program

Publikasi-publikasi surat kabar media internasional hingga media nasional.

 


PENGALAMAN LAIN

Setiap tahun sejak tahun 2011, ikut berkontribusi dalam Indonesian Food Festival di kota New York dengan menu andalan Nasgor Babat yang kebetulan telah dipublikasikan di beberapa blog dan media kuliner. Ikut memperkenalkan keunikan kuliner Indonesia baik dalam hidangan, poster kuliner dan fotografi. Tidak lupa rajin memakai batik saat menjadi relawan.

Quoted

“Seorang desainer harus memiliki keberpihakan pada konteks membangun manusia Indonesia. Peka, tanggap, berwawasan, komunikatif adalah modal menjadikan desainnya sebagai alat perubahan”

Arif 'Ayib' Budiman