Hanny Kardinata

Seorang desainer grafis senior Indonesia kelahiran 7 Januari 1953 yang menyelesaikan studi di STSRI Asri—kini ISI (Institut Seni Indonesia)). Pada 1980, bersama kawan-kawannya, Hanny Kardinata mendirikan IPGI (Ikatan Perancang Grafis Indonesia)—kini Adgi (Asosiasi Desainer Grafis Indonesia) yang memelopori dimasyarakatkannya profesi desainer grafis di Indonesia. Pada awal kemunculan profesi desain grafis di Indonesia tersebut, Hanny Kardinata turut berperan dalam ‘Pameran Rancangan Grafis Hanny, Gauri, Didit‘ pada 1980 dan beberapa pameran lain bersama IPGI dan JAGDA (Japan Graphic Designer Association).

Setelah mengawali kariernya di Matari Advertising pada 1975, Hanny Kardinata mendirikan studio Citra Indonesia di tahun 1980. Sepanjang kariernya, Hanny Kardinata telah dianugerahi berbagai penghargaan, antara lain: Certificate of Distinction dari Art Direction Magazine (Amerika Serikat) pada 1987 dan 1992, pemenang pertama kompetisi poster Kantor Menteri Muda Urusan Peningkatan Produksi dalam Negeri (UP3DN) pada 1987, sertifikat Paul Ibou di 1992, serta Anugerah Samartharupa dari DKV Universitas Bina Nusantara pada 2008 atas dedikasinya bagi desain grafis dan pendidikan.

Atas kegemarannya mencatat dan mengoleksi, Hanny Kardinata mendirikan lembaga pengarsipan Desain Grafis Indonesia (DGI) pada 2007. Berawal dari sebuah situs untuk berbagi mengenai desain grafis Indonesia dan perkembangannya untuk membangun pemahaman di antara para pelakunya, kini DGI berkembang menjadi sebuah lembaga kolaboratif sekaligus salah satu referensi terdepan bagi segenap komunitas desain grafis di Indonesia. DGI sendiri merupakan cikal-bakal dari Museum Desain Grafis Indonesia yang dimaksudkan untuk menyimpan dan merawat arsip desain grafis Indonesia secara komprehensif hingga mendukung pembelajaran dan pengembangan desain grafis Indonesia. Sebagai langkah awal menuju Museum Desain Grafis Indonesia, Hanny Kardinata memublikasikan buku berisi catatan, koleksi, dan arsip perjalanan desain grafis Indonesia yang pertama di tanah air: Desain Grafis Indonesia dalam Pusaran Desain Grafis Dunia (DGI Press, 2016).

Hanny Kardinata bisa dihubungi melalui han@dgi.or.id.

Quoted

Ketik, pilih font, dan presentasikan sebagai ‘desain’… nggak salah tuh!?

Bambang Widodo