Chip Kidd dan Wejangan 10 Menit tentang Kekuatan Kesan Pertama
Chip Kidd (Foto: jasontravisphoto.tumblr.com)

Chip Kidd
(Foto: jasontravisphoto.tumblr.com)

 

Siapa tak kenal Chip Kidd? Desainer yang dikenal sebagai jagoan rancang sampul buku dari Amerika Serikat yang memperoleh medali AIGA 2014 ini selalu hadir dengan bukunya yang menarik untuk dibaca bagi siapa pun yang berkeinginan untuk memahami desain. Kali ini, Chip Kidd muncul dengan buku terbarunya, Judge This. Beberapa waktu lalu, Chip Kidd menyarikan gagasan besar dari buku yang diterbitkan oleh Simon and Schuster dan TED Talks ini ke dalam bacaan sepanjang ±10 menit yang ia publikasikan dalam Medium.com.

Berbicara tentang kekuatan impresi yang dapat diciptakan lewat proses berpikir desain (design thinking), Chip Kidd hadir dengan gaya bertuturnya yang khas untuk ‘memperkenalkan’ pemahaman akan desain dan peranannya yang besar lewat Judge This.

 

Buku Judge This oleh Chip Kidd. Diterbitkan oleh Simon and Schuster dan TED Talks.

Judge This oleh Chip Kidd. Diterbitkan oleh Simon and Schuster dan TED Talks.

 

Kesan pertama adalah kunci dari setiap persepsi kita terhadap dunia dan bagaimana kita dipersepsi pula oleh dunia. Kesan pertama adalah pengantar dari segala hal: rekanan, tempat kerja, beragam produk, pengalaman, toko eceran, internet, hiburan, hubungan, juga desain. Dan oleh karena kesan pertama itulah, kita menilai segalanya—we judge things.

Saya melihat dua aspek yang paling efektif dan memikat dari kesan pertama—yang saya ciptakan dan saya bantah—adalah dua hal yang saling bertolak belakang: Kejelasan (clarity) dan Kemisteriusan (mystery). Setelah lebih dari tiga puluh tahun berpraktik sebagai desainer, saya senantiasa dibuat terkesima bagaimana dua komponen ini bekerja dan bagaimana pencampuran dan penyalahgunaan keduanya memberi pengaruh.

(Diterjemahkan dari pengantar Judge This: The Power of First Impressions oleh Chip Kidd.)

 

Lantas, bagaimana kejelasan dan kemisteriusan bekerja satu sama lain dalam membentuk impresi? Seperti apa porsi kemunculan keduanya hingga komunikasi visual dapat terjalin dengan efektif? Pekan ini, mari membaca ‘wejangan’ dari Chip Kidd tentang kekuatan kesan pertama dalam desain komunikasi visual. Beberapa sampul buku rancangannya turut dihadirkan sebagai contoh studi kasus:

 

"All The Beauty You Will Ever Need" oleh David Sedaris

“All The Beauty You Will Ever Need” oleh David Sedaris

"Colorless Tsukuru Tazaki and His Years of Pilgrimage" oleh Haruki Murakami

“Colorless Tsukuru Tazaki and His Years of Pilgrimage” oleh Haruki Murakami

"The American People" oleh Larry Kramer

“The American People” oleh Larry Kramer

"The Mind’s Eye" oleh Oliver Sacks

“The Mind’s Eye” oleh Oliver Sacks

 

Ready to judge?
Mari membaca: Judge This: The Power of First Impressions!

 


Chip Kidd | Medali AIGA 2014

Quoted

Desain (grafis) adalah kata kerja–bukan kata benda–karena mengutamakan proses; berupa pengolahan nilai keunikan dan keotentikan dari suatu problem

Eka Sofyan Rizal