Home > Read > News >
Pembukaan Pameran Kabar ADGI 3 Desember 2022

Pameran berlangsung 3-14 Desember 2022 di Dia.Lo.Gue Artspace, Kemang. Pameran akan dibuka oleh Wishnutama (Komisaris Utama Telkomsel), Danton Sihombing (Ketua Dewan Kesenian Jakarta, Anggota Kehormatan ADGI), dan Rege Indrastudianto (Ketua ADGI Periode 2017−2022).

Berkaca pada lima tahun kepengurusan kami sejak 2017 hingga 2022, amanah ADGI sebagai wadah desainer gratis profesional Indonesia terus berlanjut untuk menciptakan ekosistem desain gratis yang sehat serta memajukan profesi ini. lntegritas, transparansi, dan komitmen penuh menjadi landasan kami dalam berasosiasi karena kami sadar akan peran dan andil yang kami miliki. 

Kami memilih untuk bersikap responsif dan adaptif terhadap berbagai tantangan, termasuk di masa pandemi. Berkolaborasi dengan banyak pihak, baik itu pemerintah, swasta, maupun individu adalah langkah yang kami tempuh semata-mata guna membuka berbagai potensi yang lebih besar lagi bagi para pelaku industri desain gratis. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemahaman serta apresiasi publik mengenai profesi dan disiplin ini. lnisiatif tersebut juga menjadi sumbangsih kami dalam upaya menjawab berbagai kebutuhan desain gratis yang representatif bagi Indonesia pada beragam keperluan, baik di skala nasional maupun global. 

Sebagai asosiasi, kami pun bergerak aktif dalam membuat sistem dan pedoman bersama stakeholder industri desain gratis yang bertujuan pada keprofesian yang semakin bermartabat. Dalam wacana yang lebih besar, kami meyakini bahwa sistem tersebut dapat menjadi landasan bagi praktik profesi desain gratis, termasuk di ranah industri. 

Dengan semakin bertambahnya anggota dan potensi meluasnya chapter ADGI, besar harapan kami semangat untuk melayani, melindungi, serta memajukan profesi desainer gratis ini diestafetkan kepada kepengurusan selanjutnya. Kelak di kemudian hari, mimpi besar akan terciptanya iklim yang ideal dan berkelanjutan di ranah desain gratis Indonesia dapat terlaksana. 

Visi 

Terciptanya ekosistem industri desain grafis yang sehat, merata, sehingga desainer di berbagai daerah di Indonesia memiliki kesempatan yang sama, dapat berkarya dengan profesional dan berkontribusi untuk negara secara maksimal.

Membentuk identitas visual Indonesia yang kuat di dalam negeri maupun di mata internasional sehingga dapat meningkatkan citra Indonesia di berbagai sektor.

Misi

MELINDUNGI
Melindungi indivisu yang tergabung sebagai anggotanya untuk memastikan dapat berkarya dengan profesional.

MEMAJUKAN
Meningkatkan solidaritas desainer grafis Indonesia dengan mengembangkan chapter secara nasional. HIngga saat ini ADGI telah memiliki 5 chapter di seluruh Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, dan Malang.

MELAYANI
Dengan mengedepankan potensi sumber daya manusia yang profesional di bidang desain grafis melalui salah satu program unit bisnis ADGI “ADGI Hub” dengan maksud menjadi jembatan penghubung antara anggota ADGI dengan badan pemenerintahan.

Sebagai negara dengan populasi lebih dari 250 juta, pertumbuhan desainer telah meningkat pesat, semakin banyak peran pemerintah yang signifikan untuk pengembangan desain. Saat ini pemahaman pemerintah tentang pentingnya desain masih dalam tahap awal.

Untuk dokumentasi pameran, sila berkunjung ke sini.

Quoted

Ketika dari mata tak turun ke hati, desain pun gagal total

Bambang Widodo