Bagi yang hampir tak pernah keluar akun, mungkin mengunjungi Facebook di bulan Juli ini tak ada bedanya dengan mengunjungi Facebook di bulan-bulan sebelumnya. Padahal, per awal Juli kemarin, Facebook telah mempublikasikan logo baru mereka. Product Designer Facebook, Christophe Tauziet, membagikan logo baru Facebook ini di lini kala akun Twitter-nya (“Say hello to the new Facebook logo“).
Dengan refinement yang subtil, hampir sulit kita temukan perbedaannya begitu telah masuk ke halaman dalam Facebook. Dengan mempertahankan warna putih dan biru (biru, karena Mark Zuckerberg buta warna), inisial ‘f’ di halaman dalam Facebook nyaris tak ada bedanya. Meski demikian, tim desain in-house Facebook dan Eric Olson dari Process Type Foundry telah menjelmakan logo Facebook menjadi membulat—secara signifikan berubah pada huruf ‘a’—dan terdapat perbedaan signifikan pula pada terminal huruf ‘b’.
Berbagai komentar bermunculan, termasuk komentar bahwa wordmark ini tak lagi dapat ‘mewakili’ Facebook. Bagaimana menurut Anda? Mari berbincang di kolom Komentar!
Some nature is better polluted by design and art