Logo Baru Facebook: Like/Dislike?

Bagi yang hampir tak pernah keluar akun, mungkin mengunjungi Facebook di bulan Juli ini tak ada bedanya dengan mengunjungi Facebook di bulan-bulan sebelumnya. Padahal, per awal Juli kemarin, Facebook telah mempublikasikan logo baru mereka. Product Designer Facebook, Christophe Tauziet, membagikan logo baru Facebook ini di lini kala akun Twitter-nya (“Say hello to the new Facebook logo“).

 
FB-Old-New-01
 

Dengan refinement yang subtil, hampir sulit kita temukan perbedaannya begitu telah masuk ke halaman dalam Facebook. Dengan mempertahankan warna putih dan biru (biru, karena Mark Zuckerberg buta warna), inisial ‘f’ di halaman dalam Facebook nyaris tak ada bedanya. Meski demikian, tim desain in-house Facebook dan Eric Olson dari Process Type Foundry telah menjelmakan logo Facebook menjadi membulat—secara signifikan berubah pada huruf ‘a’—dan terdapat perbedaan signifikan pula pada terminal huruf ‘b’.

 

(Sumber: The Next Web)

(Sumber: The Next Web)

 

Berbagai komentar bermunculan, termasuk komentar bahwa wordmark ini tak lagi dapat ‘mewakili’ Facebook. Bagaimana menurut Anda? Mari berbincang di kolom Komentar!

Quoted

“Keberhasilan merancang logo banyak dikaitkan sebagai misteri, intuisi, bakat alami, “hoki” bahkan wangsit hingga fengshui. Tetapi saya pribadi percaya campur tangan Tuhan dalam pekerjaan tangan kita sebagai desainer adalah misteri yang layak menjadi renungan.”

Henricus Kusbiantoro