Home > Read > News >
Mini Museum DGI di FGDexpo 2015

The art museum is one of the places that give us the highest idea of man.
—André Malraux (1901–1976), “The Voices of Silence” (1953)

 

Dengan lekatnya desain grafis dengan lingkup masyarakat tempatnya lahir dan berkembang, upaya pencatatan sejarah desain grafis tak hanya sekadar amunisi bagi para pelakunya untuk membangun landasan kreasi dan inovasi. Pencatatan desain grafis yang komprehensif memungkinkan kita untuk turut ambil bagian dalam merawat peradaban. Karenanya, sejalan dengan semangat pengarsipan dan pencatatan untuk perkembangan desain grafis Indonesia, DGI memiliki cita-cita utama untuk mendirikan Museum Desain Grafis Indonesia (MDGI). Museum ini ditujukan untuk mendukung pembelajaran dan pengembangan ilmu desain grafis dengan menyimpan dan merawat karya-karya desain grafis di Indonesia secara komprehensif.

Sebagai langkah awal, DGI meruang sebuah museum mini di FGDexpo 2015. Di Museum Mini DGI ini, desainer grafis generasi muda dipertemukan kembali dengan karya-karya para senior desain grafis di Indonesia yang kaya dalam proses, cita rasa dan kriya, landasan berpikir, serta estetika. Harapannya, dapat menjadi pemicu bagi para pelaku desain grafis masa kini untuk kembali menempatkan proses sebagai bagian mendasar dari desain Indonesia yang berkualitas.

Selain itu, tujuan besar tersebut juga kami tempuh dengan merangkum catatan, koleksi, dan arsip pendiri DGI, Hanny Kardinata, ke dalam sebuah buku bertajuk Desain Grafis Indonesia dalam Pusaran Desain Grafis Dunia (DGIDPDGD). Memuat sejarah desain grafis di Indonesia yang beriringan dengan sejarah desain grafis di dunia, DGIDPDGD menjadi rujukan komprehensif bagi para pelaku desain grafis Indonesia terhadap sejarahnya: mengenali dan menemukan jati diri—identitas “desain grafis Indonesia” itu sendiri.

 

MDGI-02

MDGI-03

MDGI-04

MDGI-04a

MDGI-05

 


 

Kunjungi Mini Museum DGI di FGDexpo 2015 booth no. B-46, Hall B Jakarta Convention Center Senayan pada 6-9 Agustus 2015. Mini Museum DGI di FGDexpo 2015 didukung oleh Designasea–Pantone, iLitho, dan Surya Palace Jaya.

DGI di FGDexpo 2015: Kembali pada Proses

Quoted

“Cheating the system is very gratifying”

Nigel Sielegar