PENDAHULUAN
Narkotika yang paling sering digunakan di Indonesia adalah marijuana (ganja) dengan perkiraan 1.3% dari total populasi yang menggunakannya, sesuai laporan UNODC dalam Laporan Narkotika Dunia 2006. Zat Amphetamine (shabu) dan ekstasi juga mempunyai frekuensi pengguna yang tinggi, karena kedua zat tersebut dikonsumsi oleh 0.6% dari populasi, sementara putaw yang juga sudah tersebar meluas, dikonsumsi oleh 0.2% dari jumlah penduduk Indonesia. (sumber: Yayasan Cinta Anak Bangsa/YCAB)
Data BNN RI tahun 2004 menunjukkan bahwa 1,5% dari jumlah penduduk Indonesia terlibat penggunaan narkoba (3,2 juta orang). Data tahun 2005 menunjukan bahwa 15ribu orang tewas setiap tahun akibat penyalahgunaan narkoba. (sumber: BNN, Modul Untuk Orangtua-Memilih Lingkungan Bebas Narkoba. Hal 13. Poin B nomor 3 dan 4. Mengapa Narkoba Dilarang?).
Permasalahan pelik dan memprihatinkan seputar narkoba di Indonesia seakan tak putus bahkan terus merambah kepada generasi muda. Untuk itu diperlukan juga upaya tak henti untuk memenangkan peperangan ini. Dalam rangkaian menyambut Hari Anti Narkoba Internasional-Juni 2008, SAMSUNG Printer turut peduli menyelamatkan generasi Indonesia melalui upaya sosialisasi anti narkoba, cegah narkoba dalam kemasan acara Roadshow bernuansa teknologi dan kompetisi.
TUJUAN KEGIATAN
Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan gerakan anti narkoba melalui bidang IT dengan konsep acara yang mudah dan kreatif yang dapat meningkatkan sisi kreatifitas masyarakat pada umumnya dan terutama anak muda.
Memberikan wadah untuk menggali sisi kreatifitas masyarakat pada umumnya dengan disertai informasi mengenai narkoba yang dikemas sebagai hiburan.
BENTUK ACARA
POPS 2008 bertema: Nge-drugs? Gak Deh adalah acara yang menyediakan sarana untuk mengasah keahlian, keterampilan dan kreatifitas dalam pemanfaatan teknologi cetakan dan desain grafis.
Diselenggarakan di sembilan kota besar di Indonesia termasuk Jakarta. Kompetisi final diselenggarakan di Jakarta, di mana seluruh pemenang dari tiap kota diundang memperebutkan
hadiah-hadiah menarik dari panitia.
Dengan kategori Lomba: Slogan POPS 2008 dan Poster POPS 2008: Nge-drugs? Gak Deh. POPS 2008 juga diajukan untuk mendapat rekor MURI pada kategori Roadshow membawa 50 printer untuk mencetak slogan dan poster Nge-drugs? Gak Deh ke 9 kota di Indonesia.
WAKTU PENYELENGGARAAN
Sabtu 24 Mei – Bandung. Tempat: CiWalk
Kamis 29 Mei – Surabaya. Tempat: MCC
Sabtu 31 Mei – Denpasar. Tempat: Ramayana Mall
Kamis 24 Juli – Padang. Tempat: Universitas Putra Indonesia
Sabtu 26 Juli – Medan. Tempat: Sun Plaza (masih dalam konfirmasi)
Kamis 14 Agustus – Semarang. Tempat: Matahari Simpang Lima
Sabtu 16 Agustus – Jogjakarta. Tempat: (masih dalam konfirmasi)
Rabu 20 Agustus – Makassar. Tempat: MTC Karebossi
Sabtu 23 Agustus – Jakarta (dua sessi termasuk Final). Tempat: Citos (masih dalam konfirmasi)
Jam Acara:
Di kota-kota selain Jakarta mulai jam 12.30 – 17.30 wib
Di Jakarta sessi I mulai jam 09.00 – 13.00 wib. Acara Final akan berlangsung pk 13.00 – 18.00 wib
IKON SELEBRITIS:
Beberapa speaker selebritis yang peduli turut mengkampanyekan anti narkoba dan bergabung dalam
POPS 2008 adalah: Marcell (Bandung), Melanie Subono (Surabaya, Denpasar, Medan, Jakarta). Sementara Icha–Jikustik (Semarang), Levy – the Fly (Jogjakarta), Ridho-Slank dan Fadli-Padi dalam
konfirmasi.
POPS 2008
Para peserta ditantang untuk mempersiapkan ide dan desain sebaik-baiknya untuk dicetak pada hari
POPS 2008. Pada POPS 2008 mereka akan melengkapi desain dengan logo utama Samsung Laser Printer yang harus diperoleh melalui kegiatan “perburuan”.
Dengan PERSYARATAN & TATA CARA LOMBA POPS SLOGAN dan POPS POSTER sebagai berikut:
1. Slogan/Poster yang disertakan dalam POPS 2008 adalah karya original.
2. Pemberian nama file untuk SLOGAN: atau .
3. Pemberian nama file untuk POSTER: .
4. Karya kreatifitas SLOGAN bisa hitam putih atau berwarna.
5. Karya kreatifitas POSTER berwarna, bukan foto.
6. Hasil karya sudah dilengkapi logo: PAZIA, BNN dan YCAB. File dapat di-copy dari panitia.
7. Peserta harus berada di lokasi untuk melengkapi hasil karya dengan logo utama yang akan
diperoleh pada saat POPS 2008 berlangsung di kota Anda.
8. Untuk itu, sediakan ruang/tempat pada hasil karya untuk menempatkan logo utama:
Samsung Laser Printer.
9. Hasil karya diserahkan dalam ukuran A4.
10. Hasil karya dalam bentuk digital (CD) diserahkan kepada panitia paling lambat 3 hari sebelum
hari diselenggarakannya lomba yaitu:
21 Mei – Bandung
26 Mei – Surabaya
28 Mei – Denpasar
21 Juli – Padang
23 Juli – Medan
11 Agust – Semarang
13 Agust – Jogjakarta
17 Agust – Makassar
20 Agustus – Jakarta
11. Hasil karya dicetak pada hari-H pelaksanaan POPS 2008.
12. Tuliskan nama dan nomor formulir pendaftaran pada stiker CD, menggunakan spidol permanen.
13. Pemenang harus mengambil sendiri hadiahnya/tidak bisa diwakilkan. Jika pemenang tidak hadir
maka dianggap gugur.
14. Peserta membawa HP dengan fasilitas bluetooth saat hadir pada hari-H POPS 2008.
15. Hasil karya menjadi hak milik panitia penyelenggara dan dapat digunakan sebagai salah satu
media kampanye anti narkoba di kemudian hari
16. Hasil penilaian juri tidak dapat diganggu gugat
Hadiah untuk pemenang di tiap kota:
Untuk satu orang pemenang Lomba Slogan: 1 unit SAMSUNG ML1640. Sedangkan untuk pemenang Lomba Poster berhadiah: 1 unit SAMSUNG CLP300. Pemenang dari tiap daerah akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti grand final dengan akomodasi dari panitia.
Hadiah Grand Final
Lomba Poster:
Juara 1 – Uang Tunai Rp 15.000.000
Juara 2 – Uang Tunai Rp 10.000.000
Juara 3 – Uang Tunai Rp 5.000.000
Lomba Slogan:
Juara 1 – Uang Tunai Rp 5.000.000
Juara 2 – SAMSUNG CLP300
Juara 3 – SAMSUNG CLP 565
Anggota Juri
• Hanny Kardinata (Desainer Indonesia)
• Hermawan Tanzil (Desainer Indonesia)
• Michael S. Sunggiardi (Praktisi Komputer)
• Wakil dari Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB)
• Wakil dari Badan Narkotika Nasional (BNN)
• Wakil dari PT. Pazia Pillar Mercycom (selaku penyelenggara)
Peserta yang akan ambil bagian dapat menghubungi PT Samsung Electronics Indonesia di nomor (021) 5299 1777 atau PT Pazia Pilar Mercycom di nomor (021) 6231 3117 untuk memperoleh informasi lebih lanjut. Dalam kesempatan itu, penyelenggara juga tengah menyiapkan alamat http://pops2008.kreativ.co.id untuk pencarian informasi selengkapnya.
Sumber: Press Release yang didistribusikan saat Press Conference, Kamis, 15 Mei 2008, F-Bar, eX Plaza Jakarta.
“Keberhasilan merancang logo banyak dikaitkan sebagai misteri, intuisi, bakat alami, “hoki” bahkan wangsit hingga fengshui. Tetapi saya pribadi percaya campur tangan Tuhan dalam pekerjaan tangan kita sebagai desainer adalah misteri yang layak menjadi renungan.”