Home > Read > News >
Segera Hadir: Desain Grafis Indonesia dalam Pusaran Desain Grafis Dunia

DGIDPDGD-Promote-02

 

Persiapkan diri Anda, Desain Grafis Indonesia dalam Desain Grafis Dunia akan segera hadir di akhir tahun 2015! Hadir dengan ukuran terbaru yang lebih besar, buku yang ditulis oleh Hanny Kardinata ini akan lebih matang menemani Anda menelusuri sejarah perjalanan desain grafis di Indonesia. Sebab, sejatinya desainer grafis Indonesia tak buta akan sejarahnya sendiri, bukan? Dapatkan pula bonus poster infografik desain grafis di Indonesia pada masa periode 1942-1945.

 


 

Spesifikasi
320 halaman, 29 x 24 cm (ukuran terbaru)
Tersedia dalam edisi Soft Cover dan Hard Cover (terbatas)

 

Tentang

“Kalau tak dicatat, kita kehilangan jejak apa yang sudah dilakukan dan apa prospek ke depan; buta akan riwayat sendiri.”—Priyanto Sunarto.

Dibagi ke dalam sepuluh dekade, Desain Grafis Indonesia dalam Pusaran Desain Grafis Dunia menghadirkan perjalanan desain grafis di Indonesia beriringan dengan perjalanan dan peristiwa desain grafis di dunia.

Sebagai bagian yang melekat dalam peradaban manusia, desain grafis memiliki peran mengonstruksi dan merefleksi masyarakat tempatnya hadir, berkembang, dan diterapkan. Posisinya unik dalam masyarakat: ia tak hanya mendorong kesenian, namun juga perekonomian. Desain grafis menjadi jejak rekam yang riil terhadap lingkup sosial, ekonomi, politik, seni, dan budaya secara menyeluruh. Dengan fungsinya untuk mengomunikasikan berbagai pesan melalui medium visual, desain grafis telah berperan dalam membentuk pola interaksi dalam kehidupan masyarakat. Jejaknya lekat dengan konteks masyarakatnya. Dengan memahami keterkaitannya dari masa ke masa, kita tak hanya mempelajari perjalanan desain grafis itu sendiri, melainkankan juga seluruh unsur-unsur di luar dirinya yang saling terkait satu sama lain.

Akan tetapi, meski memiliki peran yang penting dalam masyarakat, desain grafis di Indonesia tak memiliki pencatatan sejarah yang mapan. Sehingga, desainer grafis—yang berperan dalam merancang medium komunikasi dengan berbagai lapisan masyarakat—terlepas dari sejarahnya sendiri; terlepas dari ikatannya dengan masyarakat tempatnya berada.Dengan menempatkan diri sebagai organisasi kolaboratif yang berfokus pada perkembangan desain grafis di Indonesia untuk membangun kesalingpahaman desainer grafis dengan seni, budaya, dan masyarakatnya, Desain Grafis Indonesia mengupayakan pencatatan sejarah dan pengarsipan artefak desain grafis. Langkah ini pula yang membawa kami pada upaya besar: penerbitan buku sejarah desain grafis nan komprehensif.

 

Pesan sekarang untuk memperoleh harga khusus pre-order Rp359.000,00 (normal: Rp429.000,00) hanya s.d. 23 Januari 2016.

Pemesanan: bit.ly/dgidpdgd

 

 

Quoted

The fate of a designer is not determined by the public system, but by the way he sees his own life

Surianto Rustan