Home > Read > News >
FSRD Universitas Trisakti: Seminar Nasional Seni Tradisi

Seni Tradisi

Latar Belakang
Seni tradisional sebagai bentuk seni asli komunitas yang lahir dari kesejarahan dan kehidupan sehari-hari semata-mata dibentuk oleh kekuatan intelektual masa lalu yang selalu dijadikan sebagai sebuah ukuran estetis kultural. Dan ini menghasilkan sebuah materi-materi yang tersusun atas narasi tradisi yang lahir, berkembang, dan dilestarikan oleh suatu bangsa dan komunitas dalam kurun waktu yang cukup lama.

Peran dan fungsi seni tradisi sebagai salah satu kekayaan budaya yang terbukti merupakan kekuatan kultural membangun peradaban telah diakui. Berbagai penelitian dan program pengelolaan Seni Tradisi telah dilakukan di berbagai tempat di Indonesia dan di luar Indonesia yang di antaranya telah meyakinkan berbagai kalangan bahwa tradisi dengan berbagai wujudnya merupakan sumber utama pembentukan identitas dan karakter bangsa. Tradisi juga terbukti telah berperan tidak saja dalam menjaga marwah suatu bangsa, tetapi juga mampu menciptakan industri kreatif. Keragaman tradisi merupakan kekayaan kultural yang penting dijaga keberlangsungannya sesuai dengan situasi dan kondisi masa kini.

Seminar Nasional Seni Tradisi ini mengangkat tema “Keragaman Tradisi sebagai Warisan Budaya/Diversity of Tradition as Cultural Heritage“. Tema ini merupakan kelanjutan dari tema yang telah diketengahkan dalam Seminar Tradisi sebelumnya, “Seni Tradisi Dan Desain Kriya di Tengah Masyarakat Urban” yang diselenggarakan oleh Program Studi Desain Produk FSRD Universitas Trisakti tanggal 19 Desember 2013 di Jakarta.

Seminar Nasional Seni Tradisi ini diselenggarakan oleh Dewan Riset Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti Jakarta.

Tujuan
Mendiskusikan berbagai hal dari berbagai sudut pandang tentang seni tradisi terutama keberadaannya di tengah masyarakat urban sesuai dengan tema dan topik.

Merumuskan berbagai temuan, saran, dan rekomendasi untuk memberi masukan dalam membuat kebijakan budaya dan mengembangkan kajian tradisi.
Memotivasi dan menguatkan komitmen untuk keberlangsungan tradisi dan komunitasnya pada masa kini.
Memperkenalkan kekayaan tradisi dan warisan budaya Nusantara sebagai salah satu kekuatan kultural.

Tema dan Topik
Tema seminar Seni Tradisi adalah “Keragaman Tradisi sebagai Warisan Budaya/Diversity of Tradition as Cultural Heritage” dengan topik:

  • Seni Tradisi, Religi dan Artefak Budaya
    Seni tradisi terkait dengan religi (agama, kepercayaan, sistem budaya, dan pandangan dunia yang menghubungkan kemanusiaan dengan aturan hidup) yang terwujud dalam artefak budaya yaitu segala ciptaan manusia yang memberikan informasi tentang budaya pencipta dan penggunanya.
  • Seni Tradisi,Teknologi, Industri dan Lingkungan
    Seni tradisi terkait dengan teknologi, baik teknologi sederhana atau teknologi tinggi dalam industri kecil dan besar yang berdampak pada lingkungan (natural maupun artifisial).
  • Seni Tradisi dan Sosial Politik
    Seni tradisi terkait dengan kehidupan sosial politik merupakan kombinasi berbagai faktor sosial dan politik yang melibatkan kebijakan pemerintah, pengusaha, organisasi sosial dan sebagainya dan dampaknya terhadap kehidupan individu dan kelompok di dalam masyarakat.
  • Seni Tradisi dan Ekonomi Kreatif
    Seni tradisi terkait dengan pengembangan ekonomi kreatif yang dapat diwujudkan di dalam periklanan, arsitektur dan desain, seni rupa, kerajinan, fesyen, film, musik, seni pertunjukan dan sebagainya.

Informasi selengkapnya: Website Resmi Seminar Nasional Seni Tradisi

Quoted

Makin banyak manfaat, makin sedikit dampak, makin baiklah desain itu

Arief Adityawan S.