Home > Read > News >
Mengundang Buku Jejak Rekam Desain Grafis Indonesia ke Kampusmu

DGIDPDGD-WGP4027

Sejak pertengahan Februari 2016, Desain Grafis Indonesia dalam Pusaran Desain Grafis Dunia akan berkeliling ke sejumlah universitas untuk mempertemukan desainer grafis muda Indonesia dengan riwayatnya sendiri.

Namun, saat ini baru beberapa universitas yang dapat kami jangkau dan mayoritas berada di wilayah Jabodetabek. Padahal, sejarah desain grafis Indonesia selayaknya dapat menjangkau desainer grafis generasi muda di berbagai wilayah di Indonesia.

Karenanya, menjadi sebuah kebanggaan bagi kami apabila kami dapat hadir ke kampusmu dan membagi semangat pelestarian agar dapat bersamamu melanjutkan estafet sejarah dan perkembangan desain grafis Indonesia.

 

Bagaimana caranya?

Untuk mengundang kami ke kampusmu, kamu dapat menghubungi mail@dgi.or.id dengan subyek surel [Tur DGIDPDGD] – Nama Universitas dengan melengkapi informasi sebagai berikut di badan surel:
1. Nama universitas
2. Alamat lengkap kampus
3. Nama narahubung / penanggung jawab pelaksanaan di kampus
4. Email dan ponsel narahubung / penanggung jawab pelaksanaan di kampus
5. Ketersediaan waktu (diutamakan saat weekdays)
6. Menginformasikan hal-hal yang perlu dipersiapkan (lihat bagian berikut)

 

Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Ada sejumlah yang perlu dipersiapkan untuk menyelenggarakan tur buku ini di kampusmu. Kamu dapat mengoordinasikannya bersama teman-teman himpunan mahasiswa serta pengajar di program studi:

1. Mempersiapkan tempat untuk menyelenggarakan bedah buku dengan kapasitas minimal 80 orang dengan durasi kegiatan selama ±120 menit. Karena kegiatan ini akan dilengkapi dengan presentasi, pastikan juga tempat pelaksanaan memiliki proyektor, LCD, dan sound system.

2. Memilih waktu pelaksanaan yang efektif agar kegiatan dapat diikuti oleh minimal 80 orang peserta.

3. Mengundang salah satu pengajarmu untuk menjadi Penanggap buku. Kami menyediakan 1 (satu) eksemplar buku soft cover yang akan diberikan pada dosen Penanggap tanpa dipungut biaya. Penanggap buku dapat menyiapkan materi untuk disampaikan saat bedah buku dengan membaca buku tersebut.

4. Mengundang salah satu pengajarmu untuk menjadi Moderator. Moderator ini yang nantinya akan memoderasi kegiatan tanya jawab bersama dosen Penanggap dan tim Desain Grafis Indonesia dengan para peserta.

5. Mengajak teman-teman mahasiswa untuk turut membantu menjadi: tim dokumentasi, penerima tamu, serta membantu transaksi pembelian buku saat kegiatan berlangsung.

6. Berkoordinasi dengan prodi, himpunan mahasiswa, dan manajemen kampus untuk menyebarkan materi publikasi kegiatan yang akan disiapkan oleh tim Desain Grafis Indonesia.

7. Berkoordinasi dengan tim Desain Grafis Indonesia dalam menyiapkan kegiatan.

8. Apabila universitasmu berada di luar wilayah Jabodetabek, silakan mempersiapkan juga biaya transportasi untuk narasumber DGI (maks. 3 orang)

 

Beberapa Hal yang Mungkin Ditanyakan:

1. Apakah kami dipungut biaya untuk penyelenggaraan ini?

Tidak sama sekali. Kamu hanya perlu mempersiapkan 8 poin di atas.

2. Apakah kami diperbolehkan menarik biaya untuk tiket masuk kegiatan ini?
Karena kegiatan ini dimaksudkan untuk tujuan edukasi, kami mengharapkan agar kegiatan ini tetap diselenggarakan tanpa pungutan biaya apapun.

3. Apakah peserta harus dari universitas saya sendiri?
Peserta dapat berasal dari universitas lain, tergantung pada kebijakan tim panita dari kampusmu untuk membuka kegiatan ini pada publik atau memfokuskannya hanya pada mahasiswa kampusmu.

4. Apakah peserta harus dari prodi Desain Grafis/Komunikasi Visual?
Karena desain grafis bukan bidang yang berdiri sendiri, kegiatan ini terbuka bagi mahasiswa dari program studi lain—selama mereka memang memiliki minat pada semangat yang dibawa buku ini.

5. Apakah Pak Hanny Kardinata juga akan datang saat tur buku?
Karena kondisi kesehatan, Pak Hanny tidak bisa hadir beruntun dalam setiap tur buku yang diselenggarakan. Meski demikian, kami tetap mengupayakan agar Pak Hanny dapat hadir untuk menjawab sejumlah pertanyaan dalam sesi diskusi.

6. Apakah ada harga khusus untuk pembelian saat tur buku di kampus saya?
Tentu saja. Harga khusus tur buku akan diinformasikan melalui akun jejaring sosial DGI.

 

Perjalanan desain grafis Indonesia adalah perjalanan yang dimotori dengan semangat kolaborasi dan interaksi. Bukan hanya kolaborasi dan interaksi dengan antara desainer grafis, tapi juga dengan bidang-bidang lain di luar dirinya serta interaksi yang bersifat lintas-generasi. Karena tongkat estafet perkembangan desain grafis Indonesia ada di tangan generasi muda, mari yang muda berkarya. Jangan mau buta sejarah!

Narahubung tur buku:
mail@dgi.or.id
+62 21 29237 900

 


 

Baca juga:
Tentang tur buku: Yang Muda Mengenal Sejarah | Tentang buku: Riwayat Sendiri yang Terpinggirkan

Quoted

Makin banyak manfaat, makin sedikit dampak, makin baiklah desain itu

Arief Adityawan S.