Home > Read > News >
Sekilas Profil Para Calon Ketua Umum ADGI 2023-2026

Dalam rangka meneruskan tongkat estafet kepengurusan ADGI untuk terus menjaga dan mengayomi desainer grafis di Indonesia, ADGI terus meregenerasi dengan menyelenggarakan “KABAR ADGI” Kongres dan Pameran.

Kongres tahun ini ditujukan sebagai pemaparan serta pertanggungjawaban kepengurusan ADGI periode 2017-2022. Secara bersamaan akan berlangsung pula pemilihan Ketua Umum ADGI periode 2023-2026 dan president elect.

3 kandidat yang akan maju dalam pemilihan adalah :

Calon 1:

Ritchie Ned Hansel

Ritchie Ned Hansel adalah co-founder Bit Group Asia sebuah perusahaan jasa kreatif dan digital berbasis teknologi, menyelesaikan studi desain komunikasi visual di Institut Kesenian Jakarta. Selama perjalanannya sebagai profesional di bidang desain grafis pernah tergabung di WhatNot Studio dan mengembangkan DailyWhatNot.com, lalu juga mengembangkan Sub-cult.com bersama Sub Magazine sambil mendirikan dan mengembangkan perusahaan digital agency bernama Bitcribs Indonesia. Selain itu juga mengajar disiplin ilmu desain grafis terutama Tipografi dibeberapa kampus di Jakarta sejak tahun 2007 antara lainnya Insitut Kesenian Jakarta, Binus International/Binus Northrumbria, dan Universitas Indonesia. Saat ini, Ritchie aktif di ADGI Pusat sebagai Direktur Keanggotaan.

Calon 2:

Cita Tahir

Cita Tahir lulus dari DKV Universitas Pelita Harapan pada tahun 2004, lalu mendapat gelar S2 Master of Science in Management dari University of Bristol pada tahun 2008. Walau awalnya memiliki beragam karir di luar profesi desainer, pada tahun 2011 dia kembali bekerja di dunia desain. Saat ini, Cita telah bekerja sebagai Creative Director di Milestone Branding Solutions selama 11 tahun, menangani khususnya pekerjaan branding untuk berbagai macam klien dari background industri berbeda-beda. Cita sempat mengajar di UPH dan Binus International, serta aktif di berbagai gerakan dan organisasi. Salah satunya sebagai ketua ADGI Jakarta Chapter periode 2019-2022, dan co-founder Pasukan Jarik di tahun 2013, sebuah gerakan yang menuntut pemerintah untuk merevisi UU Perlindungan Anak mengenai hukuman bagi predator anak. Di waktu senggang, Ibu 1 anak ini menyukai bermain board game, Dungeons & Dragons, dan merupakan fangirl NCT 127.

Calon 3:

Muhammad Imaduddin

Muhammad Imaduddin mendirikan DEIO pada tahun 2011, sebuah konsultan branding & design independen berlokasi di Jakarta. Menjadi pengurus ADGI (Asosiasi Desainer Grafis Indonesia) sebagai Public Relation Manager pada periode 2014-2016 yang kemudian di tahun 2017 hingga saat ini menjabat sebagai Ketua Komite ASPaC (Asia Student Package Design Competition) Indonesia, kompetisi desain kemasan pelajar internasional yang bekerjasama dengan ADGI, The Japan Foundation, dan JPDA (Japan Package Design Association). Sejak tahun 2021 berkolaborasi dengan ICAD (Indonesian Contemporary Art & Design) dan Kemang12730 dalam mengadakan seminar, workshop, pameran, hingga menerbitkan podcast REPUTAT10N dengan berbagai pembicara lintas disiplin yang juga berkolaborasi dengan po+luck dimana DEIO menjadi kolaborator serta branding & design partner.

Kongres ADGI Tahun 2022 akan diselenggarakan pada:

Hari / Tanggal:
Sabtu, 10 Desember 2022

Waktu Pelaksanaan:
Pukul 12:00 WIB sampai dengan selesai

Tempat/Media:
Dia.Lo.Gue Art Space
JI. Kemang Selatan No.99A, Bangka, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12730 &

Virtual Conference Zoom
(tautan Zoom akan di infokan melalui email terdaftar)

Agenda:

1. Laporan Kepengurusan ADGI Pusat dan Chapter Periode 2017 – 2022
2. Ratifikasi tindakan dan pengawasan yang dilakukan Pengurus Pusat dan Dewan Pembina ADGI yang telah berakhir sejak tanggal 7 Agustus 2021 sampai dengan 9 Desember 2022.
3. Pemilihan Ketua Umum ADGI dan President Elect Periode Kepengurusan 2023 – 2026

Quoted

Makin banyak manfaat, makin sedikit dampak, makin baiklah desain itu

Arief Adityawan S.